Desa Adat Buleleng Lakukan Tata Kelola Kuburan Buleleng

Kelian Desa Adat Buleleng Nyoman Sutrisna

KBRN, Singaraja : Tata kelola terhadap setra adat atau kuburan Desa Adat Buleleng terus dilakukan secara bertahap Desa Adat Buleleng dengan sejumlah penataan pada areal atau lokasi kuburan maupun menambah sejumlah fasilitas dalam upaya memberikan kenyamanan, keindahan dan keamanan.

Hal itu diungkapkan Kelian Desa Adat Buleleng Nyoman Sutrisna, Senin (29/11/2021) sore di Sekretariat Desa Adat Buleleng.

Disebutkan, pentingnya tata kelola yang dilakukan akan memberikan suasana dan nuansa berbeda terhadap masyarakat yang datang ke Setra Adat tersebut, disamping telah membagi sejumlah wiwidangan atau lokasi penguburan untuk 14 Banjar Adat.

“Setra itu benar-benar indah lestari dan enak dipandang karena oleh itu kita program sekarang ini bukan lagi ngaben massal bagaimana memperbaiki kondisi tata kelola setra itu sendiri, kita membagi perwidangan sesuai dengan banjar adat dan melestarikan setra ini dengan seni ataupun indahnya ditanami tanaman-tanaman dan bagaimana tata kelola desainya supaya betul-betul bisa dilakukan dengan baik, dimana keluarnya dimana masuknya,” ucapnya.

Kelian Desa Adat Buleleng Nyoman Sutrisna juga mengakui tengah menyiapkan berbagai rancangan program di lingkungan Setra Adat Buleleng, bahkan keberadaan setra atau kuburan tersebut akan dilengkapi dengan sejumlah kios penjualan makanan dan minuman didalam upaya memberikan kemudahan kepada krama Desa Adat yang melakukan aktifitas ditempat tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar