Jalani Pelatihan Selama Empat Hari, Sibat Tejakula Resmi Terbentuk

KBRN, Tejakula : Dibekali dengan berbagai materi kebencanaan dan penanganan bencana serta mitigasi bencana melalui Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Desa Tejakula 2021, SIBAT Desa Tejakula Sabtu (27/11/2021) siang akhirnya resmi dibentuk dan telah menyusun kepengurusan.

Bahkan pada akhir pelatihan telah dilaukan penyusunan rencana kerja tindak lanjut (RKTL). Terbentuknya SIBAT Desa Tejakula tidak terlepas dari dukungan Yayasan Gaia Oasis Tejakula yang memberikan dukungan kepada PMI Kabupaten Buleleng untuk melaksanakan Pelatihan SIBAT.

Ketua Yayasan Gaia Oasis Yap Miow Yen mengatakan, pentingnya pemberian pengetahuan dan wawasan berkaitan dengan bencana kepada masyarakat di Desa Tejakula yang sangat rawan dengan berbagai musibah, sehingga dengan kemampuan dalam mitigasi dan penanganan bencana mampu memperkecil kerugian ketika terjadi bencana alam.

“Memang fakta tejakula ini kawasan rawan bencana dan saya melihat ini sesuatu yang sangat diperlukan dimana masyarakat di berdayakan bagaimana bisa menjaga diri mereka sendiri dimana dalam situasi bencana kita tidak ada kesempatan memanggil si A, si B, si C misalnya, harus kita siap diri sendiri, kalau kita sudah memberikan pelatihan kepada orang, mereka akan lebih pede, mereka akan tahu apa yang harus merteka lakukan,”ungkap Yap Miow Yen.

SIBAT yang menjadi program PMI Kabupaten Buleleng merupakan upaya pemberdayaan masyarakat agar dengan kapasitas dan sumber daya yang dimilikinya mampu menurunkan tingkat risiko dampak bencana yang terjadi diwilayahnya.

Keberadaan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat di Kabupaten Buleleng akan menjadi bagian dari tugas-tugas bersama dengan berbagai stakeholder yang ada dan bergerak untuk membantu masyarakat dalam menghadapi bencana serta SIBAT akan menjadi media komunikasi bersama untuk semua pihak agar bisa mendokumentasikan informasi, berbagi dan mendorong kesadaran bersama tentang arti penting kebencanaan, sekaligus menumbuh kembangkan kesadaran bersama akan nilai-nilai kemanusiaan.

Di Kabupaten Buleleng, Siaga Bencana Berbasis Masyarakat yang dibentuk PMI Buleleng diantaranya di Kelurahan Seririt, Desa Sulanyah dan Desa Patemon serta Desa Pemuteran dan Desa Tejakula.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar