Bawaslu Kabupaten Buleleng ajak KPU Buleleng Gelar Simulasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu

Bawaslu Kabupaten Buleleng gelar simulasi  penyelesaian sengketa proses pemilu di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Buleleng. 

KBRN, Singaraja : Tingkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) kesekretariatan dalam penyelesaian sengketa, Bawaslu Kabupaten Buleleng gelar simulasi penyelesaian sengketa proses pemilu di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Buleleng. 

Simulasi yang digelar sampai pada tahapan mediasi tersebut menghadirkan Bawaslu Provinsi Bali, KPU Kabupaten Buleleng serta seluruh jajaran pimpinan dan kesektariatan Bawaslu Kabupaten Buleleng, Jumat (26/11/2021).

Anggota Bawaslu Provinsi Bali, Ketut Sunadra mengungkapan bahwa simulasi Penyelesaian Sengketa sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kapasitas kesekretariatan dalam menfasilitasi pelaksanaan penyelesaian sengketa.

“Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, Bawaslu kabupaten/kota memiliki kewenangan untuk melakukan penyelesaian sengketa proses pemilu, sehingga penting bagi kita untuk memahami prosesnya melalui simulasi,” ungkap kordinator divisi penyelesaian sengketa Bawaslu Provinsi Bali tersebut

Sementara kordinator penyelesaian sengketa Bawaslu Kabupaten Buleleng I Kadek Carna Wirata mengatakan gelaran simulasi penyelesaian sengketa dilakukan dari tahap penerimaan permohonan sampai dengan mediasi.

“Para peserta rapat memperagakan pihak-pihak yang terlibat dalam proses penyelesaian sengketa pemilu, baik saat proses penerimaan permohonan sampai kesepatakan mediasi yang didalamnya melibatkan pemohon dan termohon serta pimpinan mediator,” jelas pria asal Desa Kaliasem, Banjar tersebut.

Ditambahkan Carna bahwa dalam simulasi tersebut menghadirkan KPU Kabupaten Buleleng dimana KPU akan menjadi  subjek dari sengketa pemilu.

“KPU ketika terjadi proses sengketa akan menjadi pihak termohon, sehingga dengan kahadirannya dapat memberikan pemahaman bersama tentang penyelesaian sengketa pemilu,” ujarnya.

Di tempat yang sama Anggota KPU Kabupaten Buleleng, Made Sumertana menyampaikan apresiasinya terhadap Bawaslu Kabupaten Buleleng yang telah melaksanakan simulasi penyelesaian sengketa, dengan simulasi tersebut dirinya berharap dapat memahami teknis pelaksanaan penyelesaian sengketa.

“Tentu ini sangat baik sekali bagi kami dapat terlibat dalam pelaksaan simulasi, ini akan memberikan gambaran bagimana nantinya kami dapat mempersiapakan diri  jika pada pemilu nanti terjadi pengajuan sengketa proses pemilu,” ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar