Bupati Tamba Buka Peluang Investor Kelola Sampah

Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Direktur PT Reciki Mantap Jaya, pengelola Samptaku Jimbaran, saat meninjau TPA Peh
Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Direktur PT Reciki Mantap Jaya, pengelola Samptaku Jimbaran, saat meninjau TPA Peh

KBRN, Negara : Bupati Jembrana I Nengah Tamba membuka keran investor untuk mengelola sampah di Kabupaten Jembrana. Permasalahan sampah ini menurutnya harus ditangani bersama-sama, baik pemerintah, masyarakat maupun pihak swasta. 

Hal itu ditegaskan Bupati Tamba disela-sela peninjauan TPA Peh Kaliakah bersama perangkat daerah terkait dan Direktur PT Reciki Mantap Jaya, I Putu Ivan Yunatana. PT Reciki Mantap Jaya ini sendiri merupakan pengelola Samptaku di Jimbaran, Kabupaten Badung. 

Bupati Tamba berkeinginan agar nantinya penanganan sampah ini dikelola tidak terlalu membebani APBD. Dengan kondisi TPA Peh saat ini yang menumpuk tinggi, perlu penanganan ekstra. Salah satu upaya meminimalisir sampah ke TPA melalui pengelolaan sampah berbasis sumber. Sejak sebelum dari TPA, dilakukan pemilahan dan sejalan dengan program Gubernur Bali Wayan Koster. 

"Jadi kedepan bukan tidak mungkin kami akan membuka peluang ke pihak ketiga dalam pengelolaan sampah ini. Untuk sampah berbasis sumber kita baru delapan desa yang ada TPS3R. Ini terus kita galakkan," kata Bupati Tamba. 

Persoalan sampah ini dialami dari tahun ke tahun dan hampir di seluruh daerah merasakannya. Dan ketika sampah sudah menumpuk, pemerintah kewalahan dan memerlukan biaya banyak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00