Duta SMAN 4 Singaraja Juara Lomba Pesantian RRI Singaraja

Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra serahkan piala kepada pemenang Lomba Pesantian, duta dari SMAN 4 Singaraja

KBRN, Singaraja : Pagelaran Budaya Bali melalui Lomba Pesantian tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Buleleng di Gelar RRI Singaraja dalam rangka HUT RRI ke-76 akhirnya menuntaskan rangkaian kegiatan dengan mengantarkan para juara.

Seluruh finalis lomba pesantian berhasil menggetarkan panggung Wantilan Laksana Budaya LPP RRI Singaraja dengan penampilan apik serta lantunan kidung yang merdu.

Pada final Lomba Pesantian tahun ini, I Wayan Sindu Yamuna dan Putu Ade Oka Wijaya dari SMAN 4 Singaraja berhasil didaulat menjadi finalis terbaik dan keluar sebagai jawara satu setelah mengungguli pasangan Luh Putu Dian Tristyanti dan Steven Lie dari SMAN 3 Singaraja diposisi kedua, disusul Made Ardana dan Gede Sugiarta mewakili SMAN Bali Mandara sebagai juara tiga untuk kategori putra, sementara juara favorit jatuh pada Luh Putu Dian Tristyanti dan Steven Lie dengan raihan poling youtube terbanyak.

Kepala RRI Singaraja, Drs. Wardi mengatakan Lomba Pesantian tingkat SMA/SMK merupakan bentuk komitmen RRI dalam pelestarian budaya di Bali khususnya di Kabupaten Buleleng. Pihaknya memastikan ajang yang dirangkaikan dengan peringatan hari radio wajib digelar secara berkesinambungan sebagai upaya RRI untuk membentuk generasi milenial yang peduli akan warisan budaya leluhur.

“Kalau bukan sekarang, kapan? Kalau bukan kita, siapa lagi? Ini perlu dilestarikan dan RRI sebagai wadah untuk mendorong budaya adiluhung ini tetap lestari. Ini potensi untuk pengembangan pariwisata karena wisatawan yang dicari adalah budaya kita,” ungkapnya.

Sementara usai kegiatan, Wakil Bupati I Nyoman Sutjidra turut mengawal Pagelaran Budaya Bali hingga usai memberi apresiasi tinggi terhadap besarnya upaya RRI merawat dan memelihara tiap kesenian daerah. Menurutnya Pemerintah Buleleng senantiasa mendukung kompetisi-kompetisi yang dapat merangsang generasi muda mencintai budaya dan berkomitem menjalin sinergi dengan RRI Singaraja. 

“Ini luar biasa, perlu kita bangga masih ada yang peduli dan mau mencintai budaya. Sangat langka sekali jaman sekarang menggali bibit-bibit seperti ini, tentu harapannya adalah ini terus dikembangkan dan kami siap bersinergi,” imbuhnya.

Lomba Pesantian RRI Singaraja, Kamis (16/9/2021) juga dirangkaikan dengan lantunan bait-bait Puisi yang dibawakan oleh Ni Putu Putri Suastini Koster, Ida Nabe Sariada, Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra serta penampilan sastrawan modern Bali Utara, Gede Artawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00