Over Kapasitas, BOR RSUD Buleleng Capai 100 Persen Lebih

KBRN, Singaraja : Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buleleng yang merupakan rumah sakit rujukan Covid-19 nasional tipe B mengalami kekurangan ruangan untuk merawat pasien Covid-19.

Menurut Dirut RSUD Buleleng dr. Putu Arya Nugraha, Sp.PD., FINASIM, hunian ruangan Covid-19 RSUD Buleleng sudah mengalami over kapasitas melebihi 100 persen hingga hari ini, Selasa (3/8/2021).

“Ruangan Covid-19 masih melebihi dari kapasitas yang ada. BOR sudah melebihi 100 persen. Kalau hitungan dibandingkan dengan bed yang tersedia sudah over kapasitas. Tetapi sebagai RS rujukan Covid-19 Nasional, RS Tipe B kita harus tetap melakukan pelayanan kepada pasien yang terduga Covid-19,” ungkap dr. Arya.

Selain permasalahan ruangan, banyaknya tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar Covid-19 dan melaksanakan isolasi mandiri menjadi kendala lain yang dihadapi RSUD Buleleng. Namun bisa teratasi dengan mengatur jumlah nakes melalui maping dan reposisi nakes serta menutup beberapa ruangan seperti VIP agar nakes pada ruangan tersebut bisa membantu di ruang isolasi. Sementara untuk obat-obatan dan oksigen sampai saat ini meskipun persediaannya menipis namun masih bisa dipakai untuk menangani pasien.

Dari awal pandemi hingga saat ini RSUD Buleleng telah merawat lebih dari 700 pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00