Antisipasi Kebakaran, Damkar Buleleng Lakukan Inspeksi Berkala

KBRN, Singaraja : Mengantisipasi musibah kebakaran dan lebih mengedepankan penanganan secara dini, Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Buleleng melakukan inspeksi secara berkala.

Inspeksi secara berkala dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Buleleng dengan menyasar instansi pemerintah maupun swasta di Kabupaten Buleleng. Nantinya inspeksi tersebut juga akan menyasar rumah atau pemukiman warga untuk memastikan kelengkapan bangunan atau gedung maupun rumah telah dilengkapi dengan peralatan pemadam api yang ringan atau APAR.

Kepala Disdamkar Buleleng, Made Subur mengungkapkan pentingnya alat pemadam api ringan yang disiapkan pada gedung-gedung atau bangunan didalam upaya melakukan pencegahan secara dini terhadap persitiwa kebakaran.

“Yang menjadi masalah kebanyakan dari sekian kami lakukan kegiatan inspeksi itu sarananya tidak ada, sarana APAR itu alat pemadam api ringan penting bagi OPD itu yang harus disiapkan, kemudian penetapan siapa yang bertanggung jawab, inspeksi ini kita terus dilakukan karena disamping itu juga ingin mengetahui sumber daya yang ada,” ucapnya, Sabtu (19/6/2021) siang.

Inspeksi yang dilakukan Disdamkar Buleleng juga bertujuan untuk mengingatkan para pekerja untuk selalu lebih waspada terhadap benda-benda ataupun peralatan yang dipergunakan sebagai penyebab kebakaran. Sehingga dari dini telah dilakukan langkah-langkah antisipasi maupun penanganan.

Dalam inspeksi yang telah dilakukan Disdamkar Buleleng sebagian besar perkantoran milik pemerintah maupun swasta, utamanya di Kota Singaraja masih belum memiliki atau dilengkapi dengan alat pemadam api ringan.

Selain melakukan inspeksi pada sejumlah perkantoran pemerintah dan swasta, Disdamkar Buleleng juga melakukan inspeksi secara internal dengan melakukan pengecekan peralatan yang dipergunakan setiap saat termasuk mengecek kesiapan personil didalam melakukan tugas-tugas untuk memadamkan api.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00