Masyarakat Banyak Kecele, Layanan Kependudukan Distop

Layanan Kependudukan Kabupaten Bangli distop karena adanya gangguan

KBRN, Bangli: Sejak beberapa hari ini layanan kependudukan di Dinas Kepeduduk dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bangli tengah mengalami gangguan akibat adanya setting data. Dampaknya, masyarakat banyak kecele karena belum menerima informasi terkait bakal adannya gangguan tersebut.

Pantauan di Disdukcapil Bangli, Rabu (16/6/2021), masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan terpaksa harus kecewa. Pasalnya, petugas tidak bisa memberikan pelayanan.

“Kita harap kalau ada perbaikan sistem atau apa, agar disosialisasikan ke masyarakat. Kita jauh-jauh kesini ternyata pelayanan tidak  bisa dilakukan,” ujar Arik salah seoarang warga asal Tembuku, saat ditemui Rabu (16/6/2021).

Plt Kepala Dinas  Disduk Capil Bangli Jro Penyarikan Widata didampingi Kabid PIAK I Nyoan Muditha saat dikonfirmasi  membenarka kalau saat ini pelayanan adminitrasi kependuduka di Disdukcail  Bangli distop sementara. Hal itu, jelasnya, disebakan adanya seting  data kependudukan oleh pusat.

“Dari kemarin datanya diambil oleh pusat, sementara petugas pusat akan mulai melakukan pendampingan per 19 Juni ini,” kata Jro Widata.

Sementara Kabid PIAK I Nyoman Muditha menambahkan SIAK terdistribusi, masing masing pelayanan ada di Disduk Capil Kota. Sementara dalam ranga SIAK terpusat (Terintegrasi) yang centernya ada Kemendagri. Dengan SIAK terintegrasi ini tidak lagi memerlukan data pengguna. Dan, tahun ini terdapat 50 Kabupaten Kota di Indonesia jadi pilot projek. Sementara untuk Bali dipilih Kabupaten Buleleng dan Bangli.

“Nah, dalam rangka seting data itu maka layanan kita harus “off” dulu. Jadi data kita diambil dulu deserver sheingga ada data afdit data baru maka tidak akan nyambung dengan data pusat. Jadi kita tuggu tim pusat dulu, sementara untuk seting data kita lanjut nanti malam lagi sedikit,” bebernya.

Disinggung kapan pelayanan dibuka kembali, jelas dia, kemungkinan besok (hari ini) pelayanan sudah bisa kembali dibukak. Nanti maman, sistem akan dicoba, hingga besok pukul 10,00 Wita.

“Astungkara tidak ada masalah, sehingga layanan bisa dilakuka n secara normal,” sebut dia.

Terkait dengan adanya masyarakat yang belum mendapatkan informasi, jelasnya, sejatinya pihaknya telah membuat di  akun Face Book Disdukcapil. Sesuai pengmuman di Medsos (FB) itu, pelayanan akan kembali dibukak per 17 Juli ini.

“Mungkin teman-teman di depan kurang memberikan penjelasan kepada masyarakat berkaitan kapan pelayanan akan normal kembali,”ucap Muditha.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00