Perbaikan Jalan Sekumpul Mulai Digarap Jumat Ini

Pekan ini pengerjaan jalan di Desa Sekumpul mulai dikerjakan

KBRN, Singaraja: Poros jalan di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan penghubung tiga desa yakni Desa Sekumpul, Desa Galungan dan Desa Lemukih  yang sempat jebol beberapa kali akhirnya mendapat sentuhan bantuan perbaikan permanen. Pasca menunggu proses lelang tender dilakukan, proyek perbaikan dan penguatan jalan kabupaten siap dikerjakan hari Jumat ini.

Dikonfirmasi RRI, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Buleleng I Putu Adiptha Ekaputra menyampaikan pemenang lelang proyek dipegang CV Lisjaya Utama dari Singaraja. Kadis PUTR Adiptha Ekaputra menuturkan saat ini sedang dilakukan kontrak pengerjaan proyek.

Disiapkan anggaran sebesar Rp 625 juta, proyek perbaikan dan penguatan jalan ini bakal ditarget selesai kurun waktu kurang dari empat bulan kedepan.

“Hari ini tanda tangan kontrak, besok mulai drop material dan persiapan sehingga hari Jumat ini sudah mulai dikerjakan,” jelasnya.

Tak hanya perbaikan jalan jebol, penguatan pada ruas jalan tersebut sekaligus dilakukan untuk memastikan pengerjaan dilakukan dengan maksimal sehingga menghindari jebolnya akses stategis bagi masyarakat sekitar.

“Mengingat ruas jalan ini kerap kali jebol pada saat hujan mengguyur sangat deras. Adanya saluran air yang alirannya tidak lancar menyebabkan hal tersebut terjadi. Sehingga air meluber ke jalan dan merusak hingga jebol. Oleh karena itu, saluran air ini juga diperbaiki sekaligus dengan penguatan jalan,” imbuhnya.

Untuk sementara dalam proses perbaikan dan penguatan jalan, aktifitas masyarakat melintas dijalur tersebut dibatasi meski tidak sepenuhnya ditutup total. Poros jalan di Desa Sekumpul masih dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat. Hanya saja kendaraan dengan tonase besar bakal dialihkan ke jalur alternatif. 

"Kendaraan besar seperti dianjurkan melalui jalan alterntif di Desa Bebetin, atau melewati KM 18 Desa Gitgit, pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00