Kapolda Cek Pengetatan Arus Balik di Gilimanuk

KBRN, Negara : Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, Selasa (18/5/2021) melakukan pengecekan pengetatan pemeriksaan di Pelabuhan Gilimanuk terkait arus balik.

Pengetatan pemeriksaan pasca larangan mudik ini dilakukan mulai Selasa (18/5/2021) hingga Senin (24/5/2021) mendatang.

Didampingi Kapolres Jembrana, AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, Kapolda memantau langsung pola pengamanan pos-pos pengetatan yang diterapkan di pintu masuk Bali. Baik itu pemeriksaan kendaraan dan barang, identitas dan surat keterangan kesehatan bebas Covid-19. 

Kapolda juga mengecek lokasi validasi Surat keterangan sehat bebas Covid-19 di areal Pelabuhan Gilimanuk. Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra mengatakan untuk pengamanan pascalebaran ini polanya sama dengan saat pemeriksaan Operasi Ketupat Agung 2021 lalu. Tetapi saat ini memang diakuinya lebih diperketat dan personil ditambah di pos pengetatan masuk Bali. Sebab diprediksi pada beberapa hari ke depan, arus orang masuk ke Bali akan terjadi kenaikan.

“Jumlah personil ditambah (pemeriksaan masuk Bali), dan kita juga akan melakukan skrining random orang yang masuk ke Bali,” ujar Kapolda.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan orang yang masuk ke Bali memang benar-benar bebas Covid-19 meskipun sebelumnya di Ketapang sudah dilakukan skrining. Pengecekan secara acak ini menurutnya ditetapkan target dan warga yang dirandom itu tidak dikenai biaya atau gratis.Setiap harinya ditargetkan 100 orang disasar skrining random itu. 

Bilamana nantinya ada yang terindikasi positif maka akan dilakukan tindakan sesuai prosedur protokol kesehatan  bagi pelaku perjalanan. Baik isolasi maupun dipulangkan ke daerah asal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00