Sebanyak 29 Warga Binaan Lapas Singaraja Dimohonkan Mendapat Remisi Idul Fitri

Kalapas Kelas IIB Singaraja : Mut Zaini sedang usulkan remisi jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah

KBRN, Singaraja: Sebanyak 29 usulan remisi diajukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Singaraja jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021. Puluhan warga binaan tersebut adalah narapidana yang beragama Islam.

Zaini menegaskan dari usulan tersebut, pihaknya tidak bisa memastikan apalah disetujui.

Kepala Lapas Kelas II B Singaraja, Mut Zaini menerangkan dari total pengajuan yang dimohonkan, 27 diantaranya warga binaan laki-laki, sementara 2 orang sisanya warga binaan perempuan.

 “Ini kan baru sebatas usulan, untuk SK (Surat Keputusan) nanti menjelang hari H,” kata Mut  Zaini, Rabu (4/5/2021).

Saat ini, Kalapas Kelas II B Singaraja, ada sebanyak 48 orang beragama Islam. Hanya saja, diluar 29 orang yang diusulkan menerima remisi tersebut, masih berstatus tahanan.  Artinya, sekitar 19 warga binaan belum mempunyai putusan yang memiliki kekuatan hukum tetap.

“Syarat untuk mendapatkan remisi bagi napi, yakni harus mempunyai putusan yang memiliki kekuatan hukum tetap. Kemudian, para napi berkelakuan baik selama menjalani penahanan. Terakhir, sudah menjalani minimal 6 bulan masa penahanan terhitung mulai ditahan,” ungkapnya.

Para napi di Lapas Singaraja yang diusulkan menerima remisi ini, berasal dari berbagai kasus pidana. Sebanyak 16 orang napi dari pidana umum (pidum), dan sisanya yakni sebanyak 13 orang napi adalah dengan kasus pidana khusus (pidsus).

“Agar para napi yang menjalani proses pembinaan bisa menyadari kesalahan atas perbuatannya itu. Sehingga ke depan saat kembali ke masyarakat, tidak terjerat kasus pidana lagi,” harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00