MDA Jembrana Imbau Umat Rayakan Galungan Terapkan Prokes Covid-19

MDA Kabupaten Jembrana, I Nengah Subagia

KBRN, Negara : Masih dalam pelaksanaan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro yang sekarang sudah tahap perpanjangan kelima, MDA (Majelis Desa Adat) Kabupaten Jembrana senantiasa mengingatkan krama desa adat untuk jangan lengah dalam menerapkan Protokol Covid-19. Termasuk saat menjelang perayaan hari Raya Galungan, Rabu (14/4/2021) dan Hari raya Kuningan, Sabtu (24-4-2021).

"Pandemi Covid-19 sampai saat ini masih belum mereda, untuk itu kami jajaran MDA bersama PHDI Jembrana  selalu mengingatkan krama untuk mentaati peraturan pemerintah yang ada. Baik itu Pergub, Instruksi ataupun SE," ujar Majelis Desa Adat Kabupaten Jembrana, I Nengah Subagia, Selasa (13/4/2021).

MDA menegaskan tujuan semuanya itu adalah untuk kebaikan dan melindungi masyarakt khususnya krama Bali supaya tidak terpapar Covid-19. 

Lantas bagaimana melaksanakan kewajiban krama (umat) Hindu berjalan dalam perayaan hari Raya Galungan dan Kuningan? Lanjut Subagia, semua kewajiban bisa dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat. Terutama melaksanakan  3  M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Serta menghindari kerumunan.

Pada Galungan ini, krama masih diperbolehkan sembahyang ke Pura Kahyangan Tiga di masing-masing desa adat. Namun diberlakukan pembatasan sesuai protokol kesehatan, termasuk pemanfaatan ruang maksimal 50 persen dari daya tampung (sesuai SE Gubernur Bali No. 3355).

"Yang terpenting, prajuru adat, para jro mangku, srati banten serta dibantu pacalang desa masing-masing pada saat pelaksanaan wajib hadir di pura, guna menjaga dan mengatur agar pelaksanaan persembahyangan berjalan baik serta mengurai kerumunan krama," tambah Subagia yang juga Bendesa Adat Balet Bale Agung, Negara ini. 

Harapannya MDA tidak ingin terjadi Klaster atau penyebaran Covid-19 yang diakibatkan oleh pelaksanaan hari raya. Terakhir, MDA Jembrana juga mengimbau kepada krama yang merasa kondisi kurang sehat, diharapkan lebih baik istirahat di rumah saja serta menjaga kesehatan dengan berobat ke pelayanan kesehatan terdekat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00