Galungan Tahun Ini, PMK Rayakan dengan Daging Babi Hitam Sehat

KBRN, Singaraja: Para Champion Petani Muda Keren merayakan suka cita hari raya Galungan dengan berbgai daging babi. Puluhan besek berisikan potongan daging segar didistribusikan kepada champion PMK diseluruh Bali.

Namun bukan sembarang babi yang dipotong saat galungan kali ini, melainkan babi hitam sehat yang dipelihara secara organik. Babi lokal dengan treatment khusus ini menjadi project PMK Desa Tembok untuk memasyarakatkan system peternakan sederhana.

“Program ini inisisasi koperasi PMK untuk semeton PMK. Babi hitam dipelihara dengan sehat melalui pakan organik seperti umbi-umbian, daun-daunan dan dilepas liar. Kemarin kita potong untuk didistribusikan dan dinikmati para champion kita. Semua menyambut suka cita,” ungkap Agung Wedha, Ketua PMK Buleleng, Selasa (13/4/2021).

Selain focus bergerak dibidang pertanian, diakui Agung Wedha saat ini PMK juga tengah konsen untuk mendorong sektor peternakan organik melalui program babi sehat dan ayam kampung sehat. Secara ekonomi pemberdayaan babi hitam Bali ini akan menggerakkan ekonomi kerakyatan karena umumnya dipelihara dalam skala rumahan.

“Pandemi juga kita dorong masyarakat untuk mau beternak babi ataupun ayam kampung sehat utamanya mereka yang terdampak. Dipelihara dirumah masing-masing dengan pakan sederhana. PMK siap membeli ketika sudah siap panen,” imbuhnya.

Agung Wedha menambahkan keberadaan babi bali hitam saat ini relatif masih minim. Kedepan dengan program pengembangan peternakan organik dirinya berharap masyarakat bisa mengkonsumsi produk daging babi sehat utamanya saat hari raya, selain untuk konsumsi keseharian.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00