PBVSI Buleleng Bentuk Akademi, Siap Bina Ratusan Calon Atlet

KBRN, Singaraja : Pengurus kabupaten Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Buleleng yang baru dikukuhkan pada Minggu (13/9/2020) pagi di Hotel Banyualit, Lovina. Pelantikan pengurus baru juga disertai dengan peluncuran Akademi Bola Voli Buleleng (ABVB) yang akan mewadahi pembinaan dan pencetakan atlet bola voli di Bali Utara. Pengkab PBVSI yang sudah membuka pendafatran online siap membina 401 orang atlet bola voli putra dan putri.

Seluruh pengurus Pengkab PBVSI Buleleng dilantik langsung oleh Ketua Umum Pengprov PBVSI Bali, I Nyoman Sukanada yang dihadiri Forkopimda dan seluruh klub bola voli di Kabupaten Buleleng. Sukanada dalam sambutannya berharap dengan kepengurusan pengkab PBVSI Buleleng dapat meningkatkan prestasi yang delapan tahun terakhir belum menunjukkan kebanggan. Pengurus lama juag ditantang untuk mengejar pretasi minimal di top three dalam Porprov tahun depan.

“Buleleng belum pernah menduduki prestas yang memuaskan di olahraga voli. Pengelolaan management yang harus diperbaiki. Mudah-mudahan pengurus baru bisa meningkatkan prestasi Buleleng dengan 80 klubnya agar dimanage dengan baik tanpa pilih kasih,” tegas Sukanada.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum KONI Buleleng I Nyoman Artha Widnyana. Dia yang ditemui usai pelantikan mengharapkan kepengurusan baru punya smeangat dan aura baru menghadapi tantangan kedepan untuk membangkitkan kembali voli di Buleleng. Ketum Artha juga mengapresiasi langkah awal Pengkap PBVSI anyar dengan program ABVB yang sudah menunjukkan pola pembinaan untuk meningkatkan prestasi.

“Olahraga pretasi itu parameternya jelas yakni medali. Akademi ini memberikan harapan baru kita semua apalagi binpresnya melibatkan dosen FOK Undiksha yang memang kompeten,” ucap Artha Widnyana.

Sementara itu Ketua Umum Pengkab PBVSI Buleleng Putu Mangku Mertayasa mengatakan setelah terpilih menjadi Ketua Umum, dia mulai melakukan pemetaan dan pemeyaan. Buleleng dengan wilayah terluas di Bali menurutnya mendapatkan bonus demografi yang seyognya menjadi modal utama melakukan pembinaan, pembibitan dan peningkatan kualitasi atlet voli.

“Setelah terpilih kami di pengurus adakan rakertas untuk mengevaluasi manajemen sebelumnya dan mencarikan jawaban solusi sehingga muncul akademi bola voli Buleleng ini. Ternyata setelah kami buka pendaftaran online 3 pekan pelamarnya sudah mencpai 401 orang keseluruhan, animo masyarakat sangat tinggi,” ungkapnya.

Dalam ABVB ini seluruh siswa dari usia 13-20 tahun akan dibina di 4 titik pembinaan di Buleleng secara gratis yang akan diklasifikasikan pemula, remaja, junior dan senior. Dijelaskan secara teknis oleh direktur ABVB, Dr Syarif Hidayat, konsep yang diterapkan adalah pembinaan usia dini yang mengarah pada program jangka panjang.

Hasil pembinaan atletnya di ABVB diharapkan dapat tembus sebagai atlet nasional. Dosen FOK Undiksha ini lebih menekankan pada pembinaan mengingat pembinaan olahraga prestasi menurutnya tak semudah membalikkan telapak tangan. Ratusan calon atlet yang sudah terdaftar sebagai siswa ABVB sudah dikumpulkan dan di tes kondisi fisiknya, kemudian akan dikelompokkan menjadi kelompok pemula dan junior putra putri untuk voli out door dan voli pasir. Dia pun mengaku sudah merekrut pelatih untuk membina atlet tanpa imbalan. Mereka pun akan melatih dan membina sesuai dengan modul yang sudah disusun sehingga jelas teknik dan target yang dicapai dalam latihan.

Selain pembinaan dan pembibitan atlet, Ketum PBVSI yang akrab disapa MMY ini mengatakan juga membidik pelaksanaan event nasional Proliga di tahun 2023 terselenggara di Buleleng. Disamping pelaksanaan berbagai event kejuaraan yang telah disiapkan dalam kalender program kerja. mulai dari kejuaraan antar kampung, kejuaran tingkat kecamatan, kabupaten dan juga regional Bali.

“Itu target kami di PBVSI Buleleng tidak hanya mengirim tim ke Proliga tetapi juga menginginkan Proliga di Buleleng karena secara regulasi, venue sangat memadai di Buleleng. Soal tantangan Ketum Pengprov PVBSI, jangka pendek masuk 4 besar di Porprov,” tegas MMY.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00