Desak Made Rita Siap Menuju Olympiade Tokyo 2021

Berkat kegigihannya dibawah bimbingan FPTI Buleleng, Desak Made Rita siap menembus Olympiade Tokyo 2021
Desak Made Rita saat dilepas Ketuam Umum KONI Buleleng, Senin (29/6/2020)

KBRN, Singaraja : Ketua Umum KONI Buleleng, Nyoman Arta Widnyana, Senin (29/6/2020) siang melepas Desak Made Rita Kusuma Dewi menuju Pelatnas Panjat Tebing di Jakarta. Desak bergabung dengan atlet lainnya untuk pesiapan menghadapi multi event internasional Olympiade di Tokyo Jepang tahun 2021 mendatang.

Desak Rita didaulat menuju Pelatnas Panjat Tebing di Jakarta mulai 1 Juli mendatang setelah mengantongi prestasi saat Porprov Bali tahun 2019 lalu. Sekaligus Desak merupakan satu-satunya atlet panjat tebing Bali yang dipanggil bersama enam atlet panjat tebing putri seluruh Inondesia untuk dipersiapkan pada ajang Olympiade Tokyo 2021 mendatang.

Terkait dengan kesiapan Desak Rita bertolak menuju Ibu Kota, Senin siang didampingi Ketua Harian FPTI Buleleng, Putu Panca Adi dan Kabid Binpres Ketut Warta, menghadap Ketua Umum KONI Buleleng beserta jajaran.

Memang keberangkatan Desak mewakili Bali untuk kegiatan Pelatnas Panjat Tebing merupakan sebuah kebanggan tersendiri, pasalnya Desak berhasil hanya dengan prestasi di tingkat Porprov langsung mengikuti Pelatnas untuk event tingkat dunia. Terhadap Desak Rita, Arta Widnyana pun berharap banyak nantinya Ia mampu menjadi yang terbaik saat mengikuti pelatnas dengan disiplin, bekerja keras, semangat, mematuhi arahan pelatih, jaga stamina dan yang tidak kalah pentingnya menurut Ketum KONI Buleleng adalah berdoa.

“Khusus atlet berprestasi, apalagi atlet perorangan yang berprestasi, kita berikan juga perhatian khusus, apalagi hal-hal seperti ini memang harus ada atensi kita. Oleh karena itu maka nanti tentu dalam keberangkatan kita akan berikan bantuan sejumlah dana kepada yang bersangkutan mudah-mudahan bisa meringankan. Tentu juga nanti prestasi juga aka nada tambahan lagi,” ucap Arta Widnyana.

Bicara soal prestasi Desak Rita, saat Porprov Bali 2019 di Tabanan, turun di nomor speed perorangan putri dengan catatan waktu 8,13 detik mengantar Ia pada posisi teratas. Desak Made Rita Kusuma Dewi yang saat ini tercatat sebagai salah satu mahasiswa di FOK Undiksha kepada RRI, berjanji akan tampil semaksimal mungkin saat pelatnas sehingga mampu bersanding dengan pemanjat tebing terbaik lainnya utusan dari daerah lain.

Target lolos Pelatnas memang menjadi impian gadis berusia 19 tahun yang juga tercatat sebagai alumni SMKN 3 Singaraja ini. Meskipun pengalaman yang dimiliki hanya prestasi di tingkat provinsi, sementara pesaingnya tercatat minimal atlet nasional bahkan internasional.

“Untuk tim pelatnas sekarang kebanyakan udah kenal karena pernah bertemu di kejurnas, itu kebanyakan memang udah atlet internasional,” ungkap Rita.

Sementara itu, Ketua Harian FPTI Buleleng Putu Panca Adi mengungkapkan, venue panjat tebing Buleleng merupakan salah satu terbaik di Bali. Sehingga Ia berharap akan muncul Desak Rita-Desak Rita lainnya sebagai penerus dan ini merupakan tantangan bagi jajaran pengurus FPTI Buleleng untuk mewujudkan apa yang menjadi target Ketum KONI. Saat ini FPTI memiliki 15 atlet binaan yang siap membela Buleleng, mulai dari tingkat yunior hingga senior.

“Berbagai kondisi dan kendala yang ada, mudah-mudahan, seperti contohnya Desak Rita, yang tiang tau itu dari kelas 3 SD sudah memulai kegiatan ini, sampai akhirnya tiba di posisi yang sekarang, mudah-mudahan harapan kita bersama, nanti bisa lebih dari itu,” jelas Panca Adi.  

Masih dalam masa pandemi corona, keberangkatan Desak Rita ke Pelantas Jakarta wajib dilengkapi dengan hasil tes swab, bebas Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00