Buleleng Jadi Barometer Cabor Karate di Bali

KBRN, Singaraja :  Sebanyak 240 karateka yang tergabung di Lembaga Karatedo Indonesia (LEMKARI) mengikuti ujian kenaikan tingkat dan penurunan kyu bertempat di Gor Bhuana Patra Singaraja, Minggu (16/01/2022). Ujian ini diikuti oleh pemegang sabuk putih hingga coklat yang berasal dari 13 dojo (ranting) Lemkari yang ada di Kabupaten Buleleng.

Menurut Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) Kabupaten Buleleng, Sensei Omy Anggreni ujian penurunan kyu dan kenaikan tingkat ini merupakan kegiatan yang rutin secara berkala tiap semester yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dan penguasaan ilmu karate bagi kohai dimasing-masing dojo. UKT kali ini merupakan UKT semester pertama yang dilaksanakan ditahun 2022 yang diikuti oleh 240 kohai dari berbagai tingkatan mulai dari sabuk putih hingga sabuk coklat.

“Wajib kiranya setiap kohai harus mengikuti ujian kenaikan tingkat, disamping keharusan juga untuk mengukur kekampuan penguasaan ilmu karate bagi setiap individu kohai, sebelum nantinya mereka berhak menyandang sabuk ketingkat lebih tinggi,” ujar Omi Anggreni.

Sementara itu, Ketua Umum Lemkari Pengprov Bali Wayan Muntra yang hadir di tengah-tengah kegiatan berharap agar para karateka memiliki semangat untuk berkembang sehingga mampu mengukir prestasi dicabang olahraga yang membutuhkan kecepatan berpikir, bertindak, serta ketahanan fisik.

"Dengan ujian penurunan kyu ini diharapkan para Karateka dapat lebih bersemangat dalam latihan dan mengejar prestasi," ujarnya.

Wayan Mudra menambahkan, saat jajaran Pengurus dan MSH telah menyatukan visi dan misi membangun Lemkari dimana seluruh insan Lemkari bersatupadu untuk membentuk organisasi ini besar dan berhasil mencetak Kohai yang nantinya siap membela Lemkari, khususnya.

“Dojo menjadi tulang punggu Lemkari untuk melahirkan kohai yang siap membela Lemkari. Sedangkan Buleleng menjadi barometer karateka Lemkari di Bali. Tentunya prestasi ini perlu dipertahankan untuk menjadikan Lemkari lebih mapan dan berprestasi ditahun-tahun mendatang” tegas Wayan Mudra.

Setelah pelaksanaan UKT, Pengprov Lemkari Bali akan berencana menggelar Musprov dan akan dirangkai dengan sebuah kejuaraan karate tingkat Bali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar