FOK Undiksha Fasilitasi Tes Evaluasi Siswa ABVB

KBRN, Singaraja : Sebanyak 80 orang siswa Akademi Bola Voli Buleleng (ABVB) mulai menjalani test evaluasi. Puluhan siswa mengawali dengan tes fisik yang dilakukan di GOR Kampus Undiksha Jinengdalem Rabu (16/6), setelah setahun menjalani pelatihan dan pembinaan. 

Direktur ABVB, Dr Syarif Hidayat mengatakan kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan tiga dosen Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Undiksha, melalui program pengabdian masyarakat. Ketiganya yakni I Komang Sukarata, S.Pd, M.Or, I Ketut Budaya Astra, S.Pd., M.Or., I Wayan Muliarta, S.Pd., M.Or.

“ABVB sudah berjalan selama setahun, sehingga kami memandang perlu adanya evaluasi baik secara fisik dan teknik. Ini juga wujud nyata ABVB untuk meningkatkan prestasi bola voli Buleleng sehingga ke depannya dapat berbicara di tingkat provinsi dan nasional,” jelas Syarif Hidayat yang juga dosen FOK Undiksha ini. 

Puluhan siswa ABVB yang terdiri dari 22 orang putri dan 58 orang putra, setelah menjalani tes fisik pada Rabu (16/6) kemarin, akan menjalani test teknik pada tanggal 21-25 Juni mendatang.

Syarif Hidayat menyebutkan, hasil gabungan tes fisik dan teknik akan digunakan sebagai dasar penyusunan program latihan satu tahun ke depan. Program itu pun akan diselaraskan dengan kalender akademik ABVB di tingkat satuan pendidikan formal. 

Menurutnya, dalam tes fisik yang dilakukan berbasis sport science, seluruh siswa ABVB akan dinilai 15 komponen yang berkaitan dengan prestasi bola voli.

“Dari hasil tes nanti kami akan mengetahi perkembangan ABVB selama setahun, apakah ada peningkatan kualitas siswa binaan kami atau malah stagnan,” imbuhnya. 

Sementara itu Ketua Umum PBVSI Buleleng Putu Mangku Mertayasa, SH, MH, mengapresiasi dukungan dan sinergi yang diberikan oleh FOK Undiksha, kepada Pengkab PBVSI Buleleng. Ia pun berharap besar dnegan kerjasama dan sinergisitas ini dapat meningkatkan prestasi cabro bola voli di Buleleng dan dapa melahirkan atlet nasional. 

“Undiksha melalui dosen-dosen FOKnya jelas sangat membantu kami mewujudkan cita-cita memajukan olahraga bola voli Buleleng dengan acuan sport science sebagai dasar pelatihan dan pembinaan siswa di ABVB,” ucap Mangku Mertayasa yang juga anggota DPRD Provinsi Bali ini.

Mangku Mertayasa juga mengatakan evaluasi ABVB ini merupakan momen untuk menyongsong Porsenijar dan Porprov 2020 mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00