Juara Tingkat Nasional Bercerita Virtual, Ini Target dan Cita-cita Duta Rri Singaraja Firsha Anandita

Penghargaan dari Disdikpora kepada Desak Firsha Anandita
RRI Singaraja saat dampingi Firsha audiensi ke Disdikpora Buleleng

KBRN, Singaraja: Pandemi Covid-19 bukan menjadi hambatan bagi Putu Desak Firsha Anandita mengukir prestasi membanggakan tingkat nasional. Mewakili RRI Singaraja siswi Sekolah Dasar - SDN 3 Banjar Jawa, Buleleng ini meraih Juara I Lomba Bercerita Anak Virtual "Harapan Merdeka dari Covid", Jumat (11/9/2020) lalu, Jakarta.

Perhelatan digelar LPP RRI yang diadakan saat pandemi ini menghantar Firsha sapaannya melaju ke tingkat nasional dan bersaing dengan ribuan peserta dari 70 satker masing-masing duta RRI di penjuru tanah air.

Begitu panjang perjalanan yang dilalui anak dari pasangan I Dewa Made Adi Wiratmaja dan Luh Putu Dewi Lestari sebelum lolos 20 besar dan masuk tiga besar berhadapan dengan duta RRI Malang dan RRI Jogjakarta.

Firsha Anandita yang duduk dibangku kelas 5 Sekolah Dasar mengaku bangga akan capaian yang ditorehkan. Bahkan prestasi bertengger sebagai pemuncak lomba yang dihelat serangkaian Hari Radio ke 75 ini merupakan kejutan bagi siswi kelahiran 1 Desember 2009.

 “Kejutan sekali, sanggat bangga dan tidak menyangka bisa keluar sebagai juara satu tingkat nasional, bahkan mengira hanya mampu mengisi urutan tiga. Ini tidak terlepas dari dukungan orang tua, guru tan tema-teman di sekolah. Terimakasih kepada RRI Singaraja telahmenjadi jembatan saya untuk berprestasi,” ungkapnya dengan bangga.

Disinggung target dan cita-cita kepada RRI, Firsha menuturkan dirinya berharap bisa tampil pada lomba serupa dan meningkatkan kemampuan lainnya sehingga menambah pengalaman dalam tampil ditingkat nasional.

“Kedepan target saya bisa terus juara ditiap lomba, dan cita-cita saya bisa jadi penyiar cilik di RRI sekalian menambah pengalaman,” imbuh Firsha.

Keberhasilan Firsha membawa RRI Singaraja meraih prestasi membanggakan. Hal itu juga menjadi kado istimewa saat mewarnai pelaksanaan hari Radio ke 75. Kepala RRI Singaraja, Ida Ayu Evi Handayani mengaku salut terhadap perjuangan duta Singaraja ditingkat nasional. Kemampuan siswi SDN 3 Banjar Jawa itu menginspirasi RRI Singaraja untuk membuat program Radio Ramah Anak dan sekaligus mengabulkan cita-cita Firsha dan anak milenial lainnya.

“Cita-cita Firsha menginspirasi manajemen RRI untuk membuat program bagi anak-anak yang mencintai radio. Jika  berkenan kami juga mengajak Firsha sebagai presenter. Kami ucapkan terimakasih kepada Firsha, orang tua, Kepala Sekolah dan guru, semoga prestasi ini bisa membanggakan keluarga besar SDN 3 Banjar Jawa,” imbuh Kepsta Evi Handayani.

Atas prestasi yang dibubuhkan dikancah nasional, Putu Desak Firsha Anandita berhasil mencuri perhatian Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). Hal tersebut nampak saat Kepala Disdikpora Buleleng, Made Astika saat menerima audiensi Firsha Anandita dengan  mengapresiasi capaian dimaksud. Astika menjelaskan capaian Firsha merupakan titik tolak keberhasilan proses pembelajaran jarak jauh.

“Inilah efektifitas kita bekejrasama dengan RRI. Menyikapi pandangan masyarakat bahwa proses pembelajaran ditengah pandemi menurun kenyataannya kita bisa melahirkan anak-anak berprestasi di tingkat nasional melalui pembelajaran daring. Kami apresisai kepada RRI telah hadir memberikan wadah untuk siswa berprestasi,” tandas Astika, Senin (14/9/2020).

Sebagai bentuk perhatian dan motivasi dari Pemkab Buleleng, Astika telah mengalokasikan anggaran sebagai bonus capaian siswa berprestasi yang berhasil dicapai anak didik di Gumi Den Bukit.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00