Ajak Merdeka dari Pandemi, Tokoh Veteran Buleleng Dukung Vaksinasi Covid-19

KBRN, Singaraja: Usia boleh senja, namun semangat mengisi kemerdekaan tidak pernah luntur bagi kalangan Veteran di Kabupaten Buleleng. Betapa tidak, mendukung program pemerintah artinya sama dengan mengisi kemerdekaan. Pandangan itu diutarakan tokoh pejuang kemerdekaan, Wayan Suanda yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Buleleng saat dialog Lintas Singaraja Pagi, RRI Singaraja, Kamis (18/8/2022).

Tokoh pejuang, Wayan Suanda sekaligus sebagai Ketua LVRI Buleleng mengakui bahwa Indonesia telah bebas dari penjajah sejak 77 tahun silam. Namun masih ada berbagai tantangan yang dihadapi saat ini yakni pandemi covid-19.

Memotivasi generasi muda, tokoh kemerdekaan kelahiran Desa Penuktukan, Tejakula Tahun 1925 pun menekankan, salah satu bentuk mengisi kemerdekaan adalah mendukung program pemerintah dalam penguatan kesehatan bersama.

“Generasi muda belum paham jika mereka adalah generasi penerus bangsa pengganti kami. Mereka masih cuek. Saya pesankan kepada generasi muda harus taat kepada aturan dan harapan pemerintah, kalau harus vaksin, ikuti vaksin lah,” terangnya.

Wayan Suanda pun mencontohkan, kendati hampir berumur satu abad, dirinya tetap semangat untuk mendukung upaya pemerintah untuk merdeka dari pandemi covid-19.

“Program vaksinasi covid-19 saya ikuti untuk mendukung program pemerintah. Bersyukur para veteran juga diberikan bagian vaksin,” terangnya.

Pejuang kelahiran tahun 1925 yang saat ini berusia 97 tahun menuturkan, meski menapak usia senja perhatian pemerintah terhadap keberadaan veteran masih sangat tinggi, terbukti dari 155 veteran pejuang dan 40 veteran pembela seluruhnya dilaporkan telah divaksin covid-19.

“Semuanya sudah divaksin. Masing-masing diinformasikan oleh Admin Veteran (Minvet) Buleleng terkait jadwal dan tempat. Saya sudah divaksin tiga kali,” ujarnya.

Terakhir ia berpesan, semangat juang para veteran dalam mendukung program pemerintah dapat menjadi teladan bagi generasi muda dalam menghadapi tantangan pandemic covid-19 yang belum usai.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar