Nengah Tenaya Terpilih Pimpin Dekopinda Buleleng

KBRN, Singaraja : Nengah Tenaya, Bsc dipercaya memimpin Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Buleleng, periode 2021-2026. Penetapan Nengah Tenaya saat berlangsungnya Musda Dekopinda Buleleng, Jumat (22/10/2021).

Sosok Nengah Tenaya memang telah malang melintang di perkoperasian yang sebelumnya ditunjuk sebagai Plt. Dekopinda Buleleng. Kepada RRI.co.id, Nengah Tenaya mengatakan, saat Musda diagendakan selain memilih pengurus baru juga ada pertanggungjawaban pengurus lama dan penyampaian rencana kerja tahun 2022.

Ketika disinggung tentang kondisi perkoperasian di buleleng, Ketua Dekopinda terpilih mengatakan, adanya pandemi Covid-19 pada umumnya sangat mempengaruhi operasional koperasi di daerah ini, namun darii 404 koperasi di bawah naungan Dekopinda ada beberapa yang jalan di tempat. Meski demikian masih pada ambang batas normal.

Mengingat kondisi seperti ini, terkadang anggota koperasi terhimpit dengan pemenuhan kebutuhan sehari-hari, sehingga pengurus koperasi harus bijak menyikapi dan memberikan relaksasi bagi anggotanya yang terdampak pandemi. Bilamana kondisi telah pulih, Nengah Tenaya yakin koperasi akan dapat berjalan normal seiring membaiknya perekonomian pasca pandemi.

Berbicara tentang adanya lembaga keuangan yang tidak berbadan hokum beroperasi di masyarakat, Ketua Dekopinda Buleleng mengatakan, pihaknya tidak memiliki wewenang untuk melarang.

“Memang hal itu menyalahi aturan, karena tidak dilengkapi badan hokum, sudah tentu tidak ada kekuatan bila terjadi permasalahan di kemudian hari. Namun bila masyarakat mendukung untuk emlakukan transaksi di lembaga keuangan tersebut, sah-saha saja, dan bilamana ada permasalahan nantinya akan berhadapan dengan hukum,” tegas Nengah Tenaya.

Musyawarah Daerah Dekopinda Buleleng diikuti seluruh ketua koperasi baik primer maupun sekunder.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00