Ayo Belajar Budidaya Bunga Potong di P4S Soewan Garden Pancasari

Gede Sudiatmika ajak berwisata sekaligus belajar budidaya bunga potong di P4S Soewan Garden Pancasari

KBRN, Singaraja: Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng memiliki pesona keindahan alam yang memukau, termasuk juga potensi pertanian dengan menjanjikan. Tak hanya produk pertanian buah stroberi yang menjadi icon andalan ataupun produk sayuran yang dikenal memiliki kualitas super, namun pengembangan hortikultura budidaya bunga potong kini menjadi wisata agro yang patut dicoba.

Terdapat berbagai jenis tanaman bunga yang cantik dikembangkan oleh petani yang tergabung dalam Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Petani Muda Keren (PMK) Soewan Garden. Wisata agro pertanian berbasis florikultura di P4S Soewan Garden ini juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi luar ruangan. Kepada RRI, Gede Sudiatmika anggota PMK sekaligus CEO Soewan Garden mengajak untuk bersama-sama belajar budidaya bunga potong dari proses hulu hingga hilir.

"Wisata kami bergerak wisata agro pertanian dan budidaya bunga potong seperti bunga krisan, karalili, snap dragon, mawar, dan bunga lainnya. Selain sebagai sarana edukasi, wisata agro yang kita kembangkan  juga dilengkapi fasilitas camping ground, tracking, outbond. Patut dicoba untuk memberikan pengalaman bertani yang menyenangkan," jelasnya, Jumat (23/7/2021).

Gede Sudiatmika menjelaskan tanaman  bunga yang dibudidayakan oleh kelompoknya mencakup jenis lokal juga impor. Terdapat berbagai varietas yang telah dibudidayakan dalam berbagai tampilan warna, mulai dari merah, kuning, putih, merah muda dan lain sebagainya.

Kehadiran Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Soewan Garden menjadi salah satu elemen penting dalam pembangunan pertanian utamanya optimasi peran P4S untuk menggaet milenial tertarik terjun ke dunia pertanian. Gede Sudiatmika menjelaskan pengembangan bunga potong sangat menjanjikan melihat pasar yang cukup stabil.

"Disamping tanaman produksi, P4S Soewan Garden juga menawarkan budidaya tanaman pot yang dapat dibeli oleh pengunjung sebagai cindera mata saat berkunjung ke Desa Pancasari, Buleleng, Bali," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00