Pentingnya Memiliki Kotak PPPK

KBRN, Singaraja: Kotak pertolongan pertama pada kecelakaan atau biasa disingkat PPPK atau P3K penting untuk disediakan baik di rumah, kantor, maupun di mobil. Kotak P3K yang isinya lengkap bisa membantu mengatasi cedera umum dan memberi perawatan pertama pada kondisi darurat secara efektif.

Sayangnya, banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan isi kotak P3K mereka, sehingga obat-obatan yang ada di dalamnya hanya seadanya, bahkan sudah habis. 

Apoteker Si Ngurah Made Suta Prarama, S.Farm yang akrab disapa Rama saat dialog acara Ruang Kreativitas di RRI Pro 2 RRI Singaraja pada Selasa (09/08/2022) malam mengatakan ada beberapa tips sebelum menyediakan obat-obatan yang ada di kotak P3K.

“Dengan menyediakan obat-obat dirumah saya mempunyai bebrapa tips, yang pertama tentukan komponen keluarga di rumah, langkah kedua menetapkan jumlah obat, kemudian jenis item yang disediakan dan jenis penyakit.” jelasnya.

Ditambahkan untuk obat-obatan yang penting ada dirumah adalah obat pereda nyeri atau penurun demam, obat flu dan batuk, penghilang rasa nyeri akibat rematik, obat alergi, antiseptik dan vitamin, atau tergantung kebutuhan keluarga.

Apoteker Rama yang bertugas di Puskesmas Busungbiu I ini juga menyarankan cara menyimpan obat agar tidak cepat rusak perlu perlakuan khusus yaitu, harus punya box seperti P3K, tempatnya yang mudah dijangkau, yang penting tidak menyentuh lantai, dan kondisi penyimpanan suhu ruangannya terjaga, terhindar dari paparan cahaya, dan selalu dilihat expired date nya. 

“Ibarat seperti pepatah, sedia payung sebelum hujan, luangkanlah waktu dan biayauntuk menyediakan obat – obatan sebelum penyakit datang, karena sakit tiak ada yang tahu kapan akan terjadi”pesannya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar