Cara Mengatasi Stres Saat Belajar dan Bekerja Secara Hybrid

Yashinta Levy, S.Psi., M.A

KBRN, Singaraja: Dengan adanya kemajuan teknologi, terutama internet memudahkan orang belajar tidak harus kesekolah, atau bekerja tidak mesti ke kantor. Apalagi selama pandemi Covid-19, banyak kegiatan yang pada akhirnya harus dilakukan secara hybrid atau dalam jaringan.

Salah seorang peneliti, Yashinta Levy, S.Psi., M.A mengatakan, kegiatan study (belajar) ataupun work from home (bekerja dari rumah) secara hybrid menjadi suatu kebiasaan baru selama pandemi. Hal baru ini diduga dapat menimbulkan banyak gangguan fisik dan psikis (perasaan stres).

Dosen muda yang akrab disapa Yashinta ini pun membeberkan beberapa langkah yang bisa dilakukan, agar fokus siswa tetap terjaga dan produktivitas para pekerja dapat meningkat.

“Dengan menyesuaikan kebiasaan dan kegiatan, manfaatkan teknologi untuk membantu hidup sehat, dan membangun suasana di rumah yang kondusif untuk belajar dan bekerja,” jelas Yashinta saat berbicara dalam acara Ruang Kreativitas di Pro 2 RRI Singaraja, Rabu (30/6/2022) malam.

Yashinta yang saat ini juga aktif mengajar di Kampus Undira Denpasar lebih lanjut mengingatkan agar jangan sampai hybrid yang tujuan awalnya adalah mempermudah, malah menyulitkan karena tidak tahu cara memanfaatkannya. 

“Jadi kalau mau mempraktekkan hybrid yang benar, harus mempersiapkan secara maksimal karena hybrid ini menjadi sebuah masalah ketika perencanaan yang kurang dan tidak terbiasa menggunakannya, sehingga perlu perencanaan salah satunya adalah working space," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar