Apa Itu Hernia?

ilustrasi hernia (Foto: Halodoc)

KBRN, Singaraja : Hernia adalah penonjolan suatu organ keluar dari tempat semestinya. Hernia yang sering terjadi adalah hernia lipat paha (inguinalis) dimana organ dalam perut (bisa usus atau lemak usus/omentum) keluar dari rongga perut dan masuk ke rongga lipat paha hingga ke kantung buah pelir pada laki-laki, sedangkan kasus pada wanita sering terjadi di daerah paha atas.

dr. I Made Sukamartha, Sp.B., M. Biomed kepada RRI.co.id menjelaskan hernia lipat paha ada dua jenis yaitu hernia kongenital yang terjadi sejak lahir yg disebabkan tidak menutupnya saluran dari perut ke testis (buah pelir) dan hernia dewasa yang disebabkan kelemahan dinding perut bawah akibat peningkatan tekanan dalam perut yg terjadi terus menerus.

“Biasanya karena sering mengedan (sembelit berkepanjangan, mengedan saat kencing atau penyakit pembesaran prostat, batuk-batuk lama karena penyakit paru kronis atau TBC,” jelas dokter yang berpraktek di RS Kertha Usada Singaraja, Minggu (5/12/2021).

Untuk penanganan pasien yang mengalami hernia lipat paha, dr. Sukamartha mengatakan mesti diatasi dengan melakukan operasi untuk menutup lubang tempat masuknya organ perut ke lipat paha. Pada orang dewasa operasi ini dilakukan dengan menambahkan "mesh" yaitu jaring untuk memperkuat dinding perut sehingga tidak terjadi Hernia kembali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar