Berpusat di Karangasem, Bali Diguncang Gempa Bumi

KBRN, Singaraja : Guncangan gempa bumi sangat kuat dirasakan hampir di seluruh Kabupaten di Bali, Sabtu 16 Oktober 2021 sekitar pukul 04.18 Wita dan berdasarkan laporan Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar menyebutkan titik gempa bumi berada di Kabupaten Karangasem.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Agus Wahyu Raharjo, SP dalam releasenya menyebutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal, dan wilayah Bali-Lombok sangat merasakan guncangan gempabumi tektonik.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan BMKG menunjukkan adanya 2 aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan M=3,8 dan M=2,7, bahkan dari hasil monitoring BMKG hingga pukul 04.42 terjadi dua kali gempa susulan.

Dalam releasenya, Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar juga menegaskan, berdasarkan pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi terjadi tsunami sehingga masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00