SD Negeri 4 Gobleg Optimis Melaju ke Tingkat Nasional

KBRN, Singaraja : Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Lingkungan Hidup kembali mengajukan 9 sekolah untuk maju menjadi Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional dan Mandiri. Untuk itu, sejumlah persiapan baik itu sosialisasi maupun pembinaan telah dilakukan oleh tim. Salah satu sekolah yang didaulat maju ke tingkat Nasional, yakni SD Negeri 4 Gobleg.

Kepala sekolah SD Negeri 4 Gobleg, Edi Artawan, Senin (28/6/2022) mengaku optimis dan siap untuk maju menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Menurutnya beberapa persiapan sudah mulai dilakukan termasuk menciptakan inovasi di bidang lingkungan.

“Untuk meningkatkan nilai dan kemungkinan lolos, kami merancang inovasi-inovasi. Sementara yang sudah berjalan disekolah inovasinya terkait pengelolaan sampah. Kami mengajarkan siswa memilah sampah dari sumbernya dan itu sudah membudaya kepada anak-anak. Dirumahpun mereka juga melakukan pemilahan sampah. Nah kemudian untuk sampah organic kami manfaatkan untuk pupuk padat dan cair. Sedangkan untuk sampah anorganik kami gunakan untuk pembuatan kerajinan dan pembuatan ecobrick yang sudah kami manfaatkan untuk penataan taman dan juga tempat duduk,” jelasnya.

Edi menambahkan, Desa Gobleg yang merupakan salah satu desa penghasil buah jeruk menjadi sebuah peluang untuk menciptakan inovasi lainnya yakni pembuatan eco enzyme.

“Ya disekitar sekolah ini banyak kebun jeruknya. Kadang buahnya banyak yang berjatuhan karena lambat di petik oleh pemajeg (pengontrak lahan). Jadi nanti kami berencana akan mengolah limbah buah jeruk tersebut untuk pembuatan eco enzyme,” paparnya.

Selain SD Negeri 4 Gobleg, ada lima sekolah lainnya yang tahun ini diusulkan menjadi sekolah adiwiyata tingkat nasional yakni SMP Lab Undiksha, SMP Negeri 4 Sukasada, SMP Negeri 6 Singaraja, SMP Negeri 2 Banjar dan SD Negeri 4 Pemuteran.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar