Tumbuhkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Pramuka

Kegiatan Persami dan Pelantikan Dewan Penggalang Pramuka SMPN 1 Singaraja
Kegiatan Persami dan Pelantikan Dewan Penggalang Pramuka SMPN 1 Singaraja
Kegiatan Persami dan Pelantikan Dewan Penggalang Pramuka SMPN 1 Singaraja

KBRN, Singaraja: Dalam upaya membentuk karakter profil pelajar Pancasila, ekstra kurikuler pramuka menjadi kegiatan wajib di sekolah khususnya di sekolah menengah pertama.

Pembina Pramuka SMPN 1 Singaraja, Drs. Putu Karnadi, M.Si ditemui saat rangkaian perkemahan dan pelantikan dewan penggalang, Sabtu (21/5/2022) pagi mengatakan, dalam kegiatan pramuka siswa dilatih untuk menumbuhkan sikap gotong royong, mandiri, saling tolong menolong hemat cermat bersahaja, dan berintegritas.

“Oleh sebab itu seperti kata mas menteri bahwa Pramuka ini sangat cocok sekali dan sangat menjadi rohnya dari pada merdeka belajar ini dalam membentuk karakater Profil Pelajar Pancasila,” ungkapnya.

Karnadi selaku kepala sekolah juga berharap, Pramuka SMPN 1 Singaraja kedepan bisa mengembalikan kejayaannya di masa lalu, hal ini tentunya perlu dukungan seluruh warga sekolah dan para alumni. Disamping memenuhi tuntutan sekolah berstandar internasional (SBI), Karnadi ingin ektra kurikuler pramuka, marching band, KSPAN dan PMR bisa dibangkitkan kembali seperti dahulu.  

“Ketika kita menjadi SBI itu karena tuntutan memang harus belajarnya itu ekstra harus Engglish Class, jadi ekstra-ekstra ini agak kendor, disini dulu ada yang bagus itu MB, Pramuka, KSPAN, PMR itu agak menurun juga semuanya. Kita mau kembalikan itu lagi, karena juga dari Alumni, kakak-kakak kelas, setiap ada kegiatan Pramuka mereka rajin datang dan mereka berharap bisa kembali ke zaman kejayaan,” ucap Kepsek Putu Karnadhi.

Ketua Panitia Persami dan Pelantikan Dewan Penggalang Pramuka SMPN 1 Singaraja, Ananda Premadhari mengatakan, kegiatan diikuti 71 siswa termasuk siswa kelas IX yang sebentar lagi akan meninggalkan sekolah menuju jenjang yang lebih tinggi. Ia berharap kepada para calon pengurus dapat meneruskan hal-hal positif yang diwariskan oleh para pengurus sebelumnya.

“Mudah-mudahan adik-adik calon pengurus ini bisa meneruskan apa yang sudah diteruskan dari kakak-kakak yang sebelumnya, dan yang beberapa tahun lalu juga, mudah mudahan Pramuka ini atau Ekstra Pramuka ini terus berjalan,” harap Ananda.

Kegiatan Perkemahan dan Pelantikan Dewan Penggalang Pramuka SMPN 1 Singaraja berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 21 sampai 22 Mei 2022 di sekolah setempat.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar