Dukung Peningkatan Kualitas Guru, Undiksha Gelar Pelatihan Penggunaan Media Interaktif di SMP Saraswati Seririt

KBRN, Singaraja: Tentu bukan hal yang asing lagi bahwa penggunaan media interaktif dalam pembelajaran bisa meningkatkan minat, eksplorasi, motivasi, dan pemahaman siswa dalam belajar. 

Media interaktif juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas belajar-mengajar di kelas. Hal tersebut menjadi salah satu alasan dilaksanakannya kegiatan pengabdian pada masyarakat oleh Universitas Pendidikan Ganesha. 

Pengabdian pada Masyarakat Universitas Pendidikan Ganesha tentang Pelatihan Penggunaan Media Interaktif Berbasis Digital sebagai Penunjang Pelaksanaan Pembelajaran Blended Learning dilakukan di SMP Saraswati Seririt pada 13-16 Mei 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru-guru di SMP Saraswati Seririt dan beberapa tenaga akademik lainnya. Acara dibuka langsung oleh Kepala SMP Saraswati Seririt, Putu Rahmani Sutra, S.Pd. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi guru-guru dalam hal pemanfaatan media interaktif yang selama ini masih belum maksimal dilakukan. 

“Kami menyambut baik kehadiran tim P2M Undiksha ke sekolah dan kami sangat berterima kasih karena permohonan kami sudah dipenuhi yaitu memberikan pelatihan tentang media interaktif pada pembelajaran blended learning. Guru-guru di sini memang sudah tidak asing lagi dengan penggunaan laptop, gawai, dan sebagainya. Namun, kami pernah sedikit kelabakan ketika masa pandemi karena kami harus mempersiapkan semuanya secara daring, termasuk proses pembelajaran. Keterbatasan pengetahuan kami tentang media interaktif membuat pembelajaran daring kurang begitu efektif. Walaupun saat ini sudah mulai tatap muka, tetapi kami pikir media interaktif ini tetap bisa kami manfaatkan dalam pembelajaran," ungkapnya.

Kegiatan P2M ini diketuai oleh Prof. Dr. I Nengah Suandi, M.Hum. dengan anggota-anggotanya yaitu Gede Satya Hermawan, S.S.M.Si. dan Ida Ayu Made Darmayanti.  Narasumber kegiatan P2M ini yaitu Dr. Kadek Wirahyuni, S.Pd., M.Pd. dan Gede Budi Setiawan. 

Narasumber memberikan pelatihan tentang Slido, Wordwall, Bamboozle, Canva, E-Book Interactive dan beberapa media lisensi terbuka yang menunjang pembelajaran. Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada teori semata, tetapi guru-guru juga melakukan praktik pengelolaan dan pembuatan media interaktif, penyusunan lesson plan, dan evaluasi serta reviu karya peserta. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar