Hari Kelima Pembinaan Sekolah Adiwiyata, Tim Tekankan Aspek-Aspek Penilaian

SD Negeri Celukan Bawang yang menjadi sasaran hari kelima Tim Pembina dan Penilai Sekolah Adiwiyata
Tim memberikan sosialisasi dan pembinaan
SD Negeri 4 Tukadsumaga Bawang yang menjadi sasaran hari kelima Tim Pembina dan Penilai Sekolah Adiwiyata
SD Negeri Celukan Bawang yang menjadi sasaran hari kelima Tim Pembina dan Penilai Sekolah Adiwiyata

KBRN, Singaraja: Dua sekolah di Kecamatan Gerokgak yakni SD Negeri Celukan Bawang dan SD Negeri 4 Tukadsumaga menjadi sasaran hari kelima pembinaan Tim Sekolah Adiwiyata. Kedua sekolah tersebut tahun ini dicalonkan menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten. Pada kesempatan tersebut, tim memberikan sosialisasi dan memberikan penekanan pada aspek-aspek yang menjadi elemen penilaian.

Salah satu anggota Tim Pembina dan Penilai Sekolah Adiwiyata dari Dinas Kesehatan, I Made Sugiasa, ST menjelaskan salah satu elemen penting dalam penilaian Sekolah Adiwiyata adalah sanitasi lingkungan. Sekolah diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, rapid an indah.

“Kalau sekolahnya bersih, asri kan anak-anak nyaman dan senang berada di sekolah,” ujarnya.

Sugiasa menambahkan, pola prilaku peduli terhadap lingkungan hidup yang siswa terapkan di sekolah diharapkan mampu juga diterapkan oleh siswa diluar lingkungan sekolah seperti dirumah.

“Ya misalnya disekolah kan anak-anak diajarkan bagaimana memilah sampah. nah nanti dirumah juga diharapkan anak-anak menerapkan hal yang sama. Mereka mengenalkan prilaku peduli lingkungan kepada anggota keluarga yang lain,” imbuhnya

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri celukan Bawang I Gusti Putu Sudiarsana, S. Pd., mengaku bangga dan siap mengikuti program Sekolah Adiwiyata. Menurutnya, program ini memberikan kesempatan sekolah yang dipimpinnya untuk belajar bagaimana menjadikan lingkungan sekolah menjadi lebih baik kedepan.

“Kami bangga diberi kesempatan untuk belajar. Dan semoga kami bisa mempersiapkan dengan baik, dan tentunya manfaatnya akan sangat baik untuk kami, warga sekolah, peserta didik dan lingkungan kedepannya akan menjadi jauh lebih baik,” ungkapnya.

Dari total 598 sekolah yang ada di Kabupaten Buleleng, baru 61 satu sekolah yang telah menyandang predikat sebagai sekolah Adiwiyata.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar