PPDB Tingkat SD Tanpa Tes Calistung

Kadisdikpora Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M

KBRN Singaraja : Sesuai amanah Permendikbud No 1 Tahun 2021 khususnya di Pendidikan Dasar serta mengacu pada Pergub 41 Tahun 2021 maka seluruh proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2021/2022 mengikuti sistem dan prosedur yang berlaku yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Salah satu syarat penting yang ditekankan dalam penerimaan peserta didik khususnya di tingkat Sekolah Dasar (SD) yaitu semua satuan pendidikan tidak diperbolehkan melakukan tes calistung dalam proses PPDB.

Kadisdikpora Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M. saat dikonfirmasi Rabu (16/6/2021) menyatakan pertimbangan tidak memperbolehkan adanya tes calistung saat penerimaan siswa baru di tingkat SD karena umur untuk anak sekolah dasar khususnya dikelas 1 merupakan tahap awal mengenal anak menduduki suatu satuan pendidikan yang formal.

"Dikelas 1 pun masih belum diharapkan anak bisa menulis, membaca, dan berhitung baru akan mengenal,” imbuhnya.

Made Astika mengimbau kepada para orang tua yang tengah mempersiapkan anaknya bersekolah agar mengikuti proses yang berlaku terlebih dahulu bilamana nanti ada calon peserta didik yang tidak memperoleh sekolah karena kuota telah terpenuhi, maka pihak Disdikpora akan melakukan pemetaan kembali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00