Bedetan Kocing Khas Perancak, Obati Kerinduan Jembrana

Bedetan Perancak yang menjadi kuliner khas Kabupaten Jembrana
Bedetan Perancak yang menjadi kuliner khas Kabupaten Jembrana

KBRN, Negara : Kabupaten di ujung Barat Pulau Bali, Jembrana, memiliki sejumlah menu khas masakan Bali Barat. Keanekaragaman hasil pesisir, menjadi bahan masakan yang selalu mengundang daerah yang dikenal dengan seni Jegog ini. 

Salah satunya, Bedetan Kocing. Makanan berbahan dasar ikan Lemuru (sardinella lemuru) ini disajikan dengan bumbu khas pesisir Perancak (desa penghasil ikan di Jembrana) dan dijemur di bawah sinar matahari hingga kering. 

Masyarakat pesisir di Jembrana, masakan ini sering disajikan untuk lauk dan menu khas pesisir. Disebut bedetan, lantaran ikan Kocing atau Lemuru, dibedet atau dibersihkan isinya. Kemudian dibelah menjadi bentuk pipih. 

Bedetan Kocing di tangan para kelompok wanita di Perancak dikembangkan menjadi salah satu oleh-oleh khas Jembrana. Dikemas modern dan menjadi makanan siap saji menemani nasi dan lalapan.

"Kelompok kami ini terbentuk sebanyak 5 kelompok, 3  Kelompok di Banjar Mekarsari, dua di Banjar Perancak, dan 1 kelompok di Banjar Dangin Berawah,” ujar Dewi Suradi, salah satu anggota kelompok wanita pengolahan dan penjualan Bedetan Kocing, Senin (6/12/2021). 

Menurutnya, proses memasaknya cukup mudah. Ikan Lemuru segar dibersihkan lantas dibedet dan dilumuri dengan racikan bumbu rempah dan garam. Kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari langsung. Dengan dikemas modern dan higienis, ikan kering ini bisa dinikmati dengan hanya menggoreng cukup dua menit saja. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar