Kelapa Muda Bakar, Unik dan Kaya Manfaat

Proses pencampuran air kelapa muda bakar dengan rempah India
Proses pembuatan kelapa muda bakar

KBRN, Singaraja : Kelapa muda biasanya disajikan dingin untuk menghilangkan dahaga. Namun berbeda halnya dengan kelapa muda bakar yang akhir-akhir ini banyak diburu karena dipercaya berhasiat untuk meningkatkan imun tubuh sehingga bisa membantu menangkal berbagai penyakit dan virus termasuk virus corona.

Pengelola salah satu gerai kelapa bakar di kawasan Desa Sangket, Kecamatan Sukasada, Kadek Suardana menuturkan, sejak dibuka pada tanggal 24 Juli 2021 lalu, peminat minuman hangat namun segar ini tiap harinya terus meningkat hingga mencapai 35 orang sehari. Meskipun jumlah tersebut masih sangat minim jika dibandingkan dengan cabang lainnya di Denpasar yang bisa laku terjual 200 butir lebih perhari. Untuk bahan baku kelapa muda, Suardana mengaku mendapat pasokan dari Kecamatan Gerokgak dan sekitar wilayah Sukasada. 

Disinggung soal khasiat, Suardana mengatakan kelapa muda bakar berkhasiat untuk mengobati gangguan ginjal, liver, prostat, sakit pinggang, darah tinggi atau rendah, diabetes, asma, asam urat, maag serta membantu proses kehamilan karena mengandung ramuan herbal khusus yang dicampur kedalam air kelapa yang sudah dibakar selama 3,5 jam.

“Ada ramuan khusus yang terdiri dari 14 jenis herbal dari India. Prosesnya kelapa muda dibakar 3 jam setengah sampai benar-benar masuk kedalam matangnya. Kemudian dicampur dengan ramuan, madu, jeruk nipis dan sereh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kelapa bakar bisa dikonsumsi secara rutin minimal tiga kali seminggu,” jelas Suardana saat ditemui, Rabu (4/8/2021) sore.

Salah seorang pelanggan kelapa muda bakar, Iptu Ketut Sarjana, S.H yang kesehariannya bertugas sebagai Kanit Lantas Polsek Sukasada, saat ditemui di lokasi mengaku hampir tiap hari mengkonsumsi kelapa muda bakar.

“Iya setiap hari saya minum ini dari baru buka sampai sekarang saya rutin minum. Saya menderita hipertensi. Astungkara sejak minum ini agak menurun tensi saya. Dengan cara minum ini juga salah satu cara jangan sampai dan mencegah terpapar Covid-19 karena tantangan tugas saya. Imun saya harus tetap stabil," ujar Ketut Sarjana

Harga kelapa muda bakar dengan berbagai khasiat ini dibanderol dengan harga Rp.20.000,-

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00