Es Rujak Kuwud, Sajian Segar Untuk Berbuka Puasa

Es Rujak Kuwud, sajian segar saat cuaca panas ataupun untuk berbuka puasa

KBRN, Singaraja : Minuman segar dan manis adalah sajian yang identik untuk berbuka puasa. Selama rentang waktu berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan dan makanan sehingga kadar gula darah dalam tubuh akan terus menurun serta  mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi.

Saat berbuka puasa dengan mengkonsumsi makanan dan minuman manis, kandungan gula di dalamnya bisa membantu menaikkan kadar gula darah.

Salah satu minuman berbuka puasa yang menyegarkan dan bisa menjadi pilihan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat menjalankan ibadah puasa adalah Es Rujak Kuwud (kelapa muda).

Ya, Es Rujak Kuwud terbuat dari air dan daging buah kelapa muda yang diracik dengan tambahan beberapa bahan tradisional lainnya.

Buah kelapa yang masih muda selain bernilai ekonomi tinggi, daging buahnya memiliki komposisi gizi yang cukup baik, antara lain mengandung asam lemak dan asam amino esensial yang sangat dibutuhkan tubuh.

Sedangkan air kelapa selain dikonsumsi sebagai minuman segar juga mengandung bermacam-macam mineral, vitamin, gula, serta asam amino esensial sehingga dapat dikategorikan sebagai minuman ringan bergizi tinggi dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Minuman segar dingin ini biasanya dijual oleh pedagang di Jl. Angsana Singaraja, tepatnya dibelakang Kampus Undiksha (bawah). Namun bagi anda yang enggan keluar rumah, bisa mencoba Es Rujak Kuwud buatan sendiri. Berikut kami sajikan resep praktis dan sederhana Es Rujak Kuwud untuk camilan dikala cuaca panas ataupun menu berbuka puasa.

Bahan:

1 butir kelapa muda hijau, ambil airnya, keruk dagingnya

200 gram gula merah, iris halus

4 sendok makan air asam jawa

1 butir jeruk nipis

1 lembar daun pandan (optional)

1 gelas air untuk merebus gula merah

Garam secukupnya

Cara membuat:

Rebus gula merah dan daun pandan dengan 1 gelas air sampai mendidih kemudian saring, biarkan sejenak hingga dingin. Setelah gula cair dingin, tambahkan air kelapa, air asam jawa, daging kelapa muda dan perasan jeruk nipis. Tambahkan garam secukupnya sesuai selera, kemudian aduk hingga merata. Sajikan dingin dengan es batu.

Bagaimana, sangat mudah bukan membuatnya?

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00