Jaje Kopyor, Kue Khas Buka Puasa di Kampung Loloan Jembrana

Jaje Kopyor khas Loloan Timur yang sering dibuat saat bulan Ramadhan sebagai menu kue buka puasa

KBRN, Negara : Memasuki bulan Ramadhan, sejumlah jajanan atau kue khas di kampung Loloan dihidangkan untuk menu buka puasa. Salah satu yang khas tiap bulan puasa ini adalah “Jaje Kopyor”. Jajanan olahan roti yang dikukus ini sering dihidangkan warga di Kampung Loloan Timur, Kecamatan Jembrana.

Jajanan ini berbahan dasar roti dipadu dengan kopyor kelapa muda, daun pandan dan gula pasir.  Cara membuatnya juga cukup sederhana. Yakni dengan cara dikukus dan adonan dibungkus menggunakan daun pisang.  Kue jaman dulu (jadul) ini sangat diminati hingga saat ini dan menjadi jajanan khas ketika bulan puasa di Kampung Loloan. 

Kepala Lingkungan Loloan Timur, Mustahidin (35), mengatakan jajan kue ini biasanya muncul atau dibuat saat bulan Ramadhan seperti saat ini. Di warung-warung yang buka menjelang buka puasa, ataupun di keluarga, jajanan ini dihidangkan sebagai menu buka puasa. Rasanya yang manis dan segar, sangat diminati warga hingga saat ini.

“Biasanya hanya dibuat ketika bulan puasa seperti sekarang ini, sekarang banyak variannya. Tidak hanya roti dan kopyor, ada tambahan menu lain sesuai selera seperti  nangka, mutiara dan lain-lain,” kata Mustahidin, Selasa (20/4/2021) siang.

Kue ini tergolong jajanan lama yang secara turun temurun dihidangkan. Khususnya saat bulan Ramadhan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00