Polres Tapteng : Jangan Bakar Lahan di Musim Kemarau

KBRN, Tapteng : Polres Tapanuli Tengah (Tapteng) menghimbau masyarakat yang berada diwilayah hukumnya untuk tidak membakar lahan perkebunan di sepanjang musim kemarau.

Himbauan itu disampaikan Polres Tapteng terkait dengan prakiraan cuaca dari BMKG Pinangsori yang menyatakan pada bulan Februari ini cuaca cerah akan lebih sering terjadi dibandingkan musim hujan.

Kapolres Tapteng AKBP Nicolas Dedy Arifianto melalui Kasubbag Humas AKP Horas Gurning mengatakan kebakaran lahan rawan terjadi saat musim kemarau, untuk itu warga diminta agar tidak melakukan hal yang berpotensi menimbulkan kebakaran di area permukiman warga atau lahan kosong.

“Kami dari Polres Tapteng menghimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena dapat menimbulkan kebakaran besar hingga membuat udara dilingkungan sekitar tidak sehat, kami juga mengingatkan warga yang kerap membakar sampah di lingkungan perumahan maupun ladang, untuk melakukan pengawasan saat pembakaran berlangsung sebab hal tersebut dapat menimbulkan kebakaran besar pada saat musim kemarau yang dapat meluas hingga area perkebunan dan hutan,” ujar Horas.

“Selain itu, kepada warga yang perokok agar tidak sembarangan membuang puntung rokok saat berada dikawasan lahan yang banyak daun-daun kering maupun bahan yang mudah terbakar, karena hal tersebut juga dapat menimbulkan kebakaran,” lanjutnya.

Kemudian Horas juga menegaskan, jika ada masyarakat yang sengaja membakar lahan saat musim kemarau hingga menimbulkan kebakaran pada lahan perbukitan maupun hutan, pihaknya akan memberikan sanksi tegas pada pelaku.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00