Tipu ASN hingga 186 Juta, Pria Paruh Baya ini Diamankan Polisi

KBRN, Tapteng : Seorang laki-laki berinisial PA (51) warga Sibuluan Nalambok akhirnya diamankan polisi karena melakukan penipuan terhadap Gusniar Limbong (54) seorang ASN warga Kelurahan Sibuluan Indah.

Penipuan tersebut dilakukan tersangka saat korban membeli rumah di Perumahan Sonang Nauli Sarudik Tapanuli Tengah.

Kapolres Tapteng AKBP Nicolas Dedy Arifianto melalui Paur Humas Ipda JS Sinurat mengatakan korban terlah melakukan pembayaran terhadap tersangka melalui cicilah bertahap sampai lunas, dan  harga unit tersebut di tambah biaya kelebihan tanah dan biaya pengurusan sampai mendapatkan sertifikat senilair Rp. 186 Juta.

“Saat pelapor ingin menempati rumahnya, pelapor melihat ada orang lain yang menempati rumah tersebut,  namun tersangka PA mengatakan kepada pelapor bahwa dirinya yang akan membayarkan biaya kotrak orang tersebut sebesar Rp. 5 juta,” kata Sinurat.

“Pada Mei 2019 pelapor di telfon oleh orang yang menempati rumah tersebut dan mengatakan bahwa ada orang yang bernama Ridwan Hutabarat datang mengaku bahwa dirinya pemilik dari rumah tersebut, sehingga pelapor menjumpai Ridwan Hutabarat dan menunjukkan bukti kepemilikan rumah kepadanya. Namun Ridwan Hutabarat juga menunjukkan foto copy sertifikat rumah yang sama,” lanjut Sinurat.

Akibat kejadian tersebut korban melapor ke Polres Tapteng guna di proses sesuai dengan hukum yang berlaku. Sementara tersangka diduga melanggar Pasal 372 dan atau pasal 378 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00