Enam Ratus Lebih Warga Binaan Lapas Sibolga Terima Remisi HUT RI ke-75

KBRN, Sibolga : Sebanyak enam ratus lebih warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Sibolga menerima Remisi Umum atau pengurangan masa hukuman, sebagai kado pada peringatan perayaan HUT RI ke-75 tahun ini.

"125 orang remisi satu bulan, 108 orang remisi dua bulan, 116 orang remisi tiga bulan, kemudian 144 orang menerima remisi empat bulan, 113 orang remisi lima bulan dan 28 orang mendapatkan remisi 6 bulan, totalnya 634 orang, dengan jumlah penghuni hari ini sebanyak 1110 warga binaan," sebut Kepala Lapas Klas IIA Sibolga Tapianus A Barus kepada RRI,melalui pesan elektronik, Senin (17/8/2020).

Penyerahan remisi dilakukan secara simbolis, usai upacara detik-detik Proklamasi yang dilangsungkan secara virtual dari Istana Negara dan acara seremonial nasional Kemenkumham yang juga digelar secara daring, di pusatkan di Makasar. Kegiatan juga dirangkai dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba yang di helat memeriahkan HUT RI ke-75 di Lapas tersebut.

"Seluruh peserta turut mengikuti detik-detik Proklamasi dan pidato Menkumham. Sebelumnya kita juga ada lomba olahraga dan perlombaan hiburan lainnnya dan menjadi rangkaian acara," kata Kalapas Tapianus A Barus.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM, Yasona H. Laoly dalam pesat virtualnya mengaku, masa pandemi covid-19 saat ini mendapatkan perhatian serius dari pemerintah, mengingat sejumlah kondisi Lapas maupun Rumah Tahanan (Rutan) yang telah over kapasitas.

"Kondisi Lapas/Rutan yang kelebihan penghuni diatas seratus persen, saat ini menjadi perhatian pemerintah, terkait penularan wabah Covid-19 terhadap warga binaan. Untuk itu Direktur Jenderal Pemasyarakatan agar tetap meningkatkan kewaspadaan dan bekerja lebih ekstra dalam upaya menangani wabah Covid-19 ini," kata Menkumham.

Selain itu, Menkumham juga menyampaikan pesan kepada seluruh penghuni lapas di nusantara, terutama warga binaan yang memperoleh remisi pada HUT RI tahun ini, agar tetap berperilaku baik, menghindarkan diri dari tindakan-tindakan yang merugikan diri sendiri.

"Kepada seluruh narapidana dan anak yang mendapatkan remisi khususnya yang langsung bebas hari ini saya ucapkan selamat. Sekaligus saya mengingatkan agar saudara terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jadilah insan yang taat hukum, insan yang berakhlak mulia dan berbudi luhur, serta insan yang berguna bagi pembangunan bangsa," harap Menkumham Yasona H. Laoly. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00