Warga Binaan Kasus Narkoba, Penghuni Terbanyak di Lapas Salambue Padangsidimpuan

KBRN, P.Sidimpuan : Meskipun kapasitas Lapas Kelas II B Salambue Padangsidimpuan diperuntukkan bagi 456 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP), namun hingga saat ini Lapas tersebut dihuni sebanyak 773 orang WBP.

“Menjadi over kapasitas, kebanyakan di dalamnya, ada 773 orang,” kata Kepala Lapas Kelas II B Salambue Padang Sidimpuan, Indra Kesuma, Senin (27/9/2021).

Indra juga mengatakan, dari 703 orang yang menghuni Lapas tersebut, jumlah warga binaan kasus narkoba menjadi penghuni terbanyak di Lapas tersebut.

“Yang terlibat narkotika ada berjumlah 622 orang, korupsi 3 orang, pidana umum (pidum) 146 orang,teroris 2 orang. Kemudian ada wanita 12 orang, serta anak pria 1 orang,” kata Indra Kesuma.

Dia menambahkan, hampir semua Rutan dan Lapas di seluruh Indonesia over kapastitas, karena itu kata Indra, salah satu mengatasi over kapasitas lapas, dengan memasukkan pelaku tindak pidana ringan ke Rutan atau Lapas.

“Salah satu solusi, tindak pidana ringan tidak perlu di masukkan ke Rutan atau Lapas. Cukup mediasi dan bagi pemakai narkotika cukup di rehabilitasi,” tutup Indra Kesuma.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00