Dana Desa Bottot Tapteng Untuk Bangun Rabat Beton

KBRN, Tapteng:    Pemerintah desa Bottot kecamatan Sorkam kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) memanfaatkan dana desa tahun anggaran 2020 sebesar Rp 64.713.100 untuk membangun rabat beton sepanjang 25 meter.

Rabat beton tersebut dibangun guna memperlancar pendistribusian hasil komoditi pertanian seperti padi sawah, sawit dan getah karet yang mana selama ini sulit diangkut karena buruknya akses jalan.

"rabat beton itu prioritas dibangun tahun ini dari dana desa karena merupakan urat nadi perekonomian warga setempat, semua hasil panen diangkut kenderaan dari jalan tersebut" sebut plt kepala desa Bottot Jainal Hamid Sihombing kepada RRI Selasa (2912/2020).

"selama ini warga kesulitan mengangkut hasil panen karena buruknya akses jalan, apalagi saat musim hujan badan jalan akan licin dan berlumpur" tambah Jainal.

Pembangunan rabat beton yang dikerjakan secara manual itu menitik beratkan pada segi pemberdayaan baik tenaga kerja maupun suplayer bahan bangunan semuanya warga setempat  sehingga selain untuk memperlancar pendistribusian hasil komoditi pertanian bangunan rabat beton itu juga menyerap banyak tenaga kerja.

"saat pelaksanaannya kita memberdayakan masyarakat sehingga warga yang ikut bekerja bisa memperoleh penghasilan" tegas Jainal.

Warga desa Bottot yang umumnya berprofesi sebagai petani dan nelayan sudah merasakan manfaat dana desa melalui pembangunan sebab semenjak pemerintah pusut menggulirkan program dana desa pemerintah desa Bottot telah banyak membangun infrastruktur guna meningkatkan geliat perekonomian masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00