Dana Desa Sihapas Tapteng Untuk Bangun Rabat Beton

KBRN, Tapteng:   Guna memperlancar pendistribusian hasil komoditi pertanian pemerintah desa Sihapas kecamatan Sorkam kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) membangun rabat beton sepanjang 100 meter anggarannya memanfaatkan dana desa tahun 2020 sebesar Rp 124.089.900.

Pembangunan rabat beton didusun III tersebut diprioritaskan tahun ini karena merupakan urat nadi perekonomian warga  pasalnya sebelum rabat beton itu dibangun warga kesulitan untuk mengangkut hasil komoditi pertanian seperti getah karet, sawit, durian dan pisang karena harus diangkut dengan cara dipikul hingga kerumah.

"selama ini hasil panen harus dipikul karena tidak ada akses jalan yang bisa dilalui kendaraan, sehingga jika musim panen tiba petani harus mengeluarkan banyak uang untuk biaya pikul" ujar Plh kepala desa Sihapas Ralindang Situmeang kepada RRI Selasa (29/12/2020)

Pembangunan rabat beton yang dikerjakan secara manual itu menitik beratkan pada segi pemberdayaan masyarakat baik tenaga kerja maupun suplayer bahan banguna sehingga selain berfungsi untuk menggeliatkan roda perekonomian masyarakat bangunan itu juga menyerap banyak tenaga kerja.

"bangunan itu dikerjakan secara manual oleh warga setempat sehingga menyerap banyak tenaga kerja" tegas Ralindang.

Warga desa Sihapas yang umumnya berprofesi sebagai petani telah banyak menikmati pembangunan dari dana desa sebab pada tahun tahun sebelumnya juga telah dibangun sejumlah infrastruktur  guna menggeliatkan roda perekonomian warga.

"semenjak pemerintah menggulirkan program dana desa perekonomian warga semakin bergeliat karena telah banyak dibangun infrastruktur guna memperlancar pendistribusian hasil komoditi pertanian" sebut Ralindang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00