Warga Desa Simargarap Tapteng Terima BLT Dana Desa

KBRN, Tapteng :   Sebanyak 60 kepala keluarga warga desa Simargarap rusak Pasaribu Tobing kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa tahap pertama masing-masing Rp 600.000.

Pembagian BLT dana desa yang dihadiri oleh Camat Pasaribu Tobing, Pendamping Lokal Desa (PLD), Babinsa dan Bhabinkamtibmas itu berlangsung lancar dan tertib dilaksanakan sesuai protokol kesehatan Covid-19 dengan menjaga jarak dan menggunakan masker sebagai salah satu Alat Pelindung Diri (APD) guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"60 KK yang menerima BLT, dilaksanakan sesuai protokol kesehatan Covid-19, saat pencairan berlangsung lancar dan tertib" ujar kepala desa Simargarap Jusri Aritonang kepada RRI Sabtu (23/5/2020)

Ada kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah dalam menentukan warga penerima BLT dana desa yakni warga kurang mampu terdampak Covid-19 yang selama ini tidak pernah mendapat bantuan apapun dari program yang dijalankan oleh pemerintah pusat seperti PKH dan program Sembako dari kementerian sosial kemudian warga kurang mampu yang kehilangan pekerjaan akibat dampak Covid-19 serta warga yang rentan dengan penyakit kronis.

"pendataan dilakukan oleh relawan desa mengacu pada kriteria yang ditentukan oleh pemerintah, hasil pendataan yang dilakukan oleh relawan desa kemudian dimusyawarahkan didesa agar tepat sasaran dan tidak tumpang tindih dengan bantuan lainnya" sebut Jusri.

Sementara S.Pasaribu salah satu  warga desa Simargarap mengaku bersyukur mendapat BLT dana desa sebab selaku warga kurang mampu dan sudah lama mengalami sakit kronis tidak pernah mendapat bantuan apapun dari program yang dijalankan pemerintah pusat seperti PKH dan program Sembako dari Kementerian Sosial dan nantinya BLT tersebut akan digunakan untuk biaya kebutuhan hidup keluarga.

"saya sangat merasakan manfaat bantuan itu dan dimanfaatkan untuk menutupi biaya kebutuhan hidup keluarga" kata Pasaribu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00