Umat Budha di Sibolga Rayakan Waisak 2566 BE

KBRN, Sibolga: Umat Budha di Kota Sibolga menggelar ibadah peringatan Tri Suci Waisak 2022 atau 2566 Budhis Era (BE), di Vihara Avalokitesvara Sibolga, Senin (16/5) pagi.

Ketua Majelis Budhayana Sibolga, Margono mengatakan, peringatan Waisak tahun ini mengusung tema "Dalam Cinta Kasih, Semua Adalah Saudara".

"Dalam ritualnya, isi khotbah dari anggota Sangha (persaudaraan Bhikkhu) atau yang dikenal dengan nama Bhiksu berbicara tentang cinta kasih," terangnya, di lokasi pelaksanaan ibadah peringatan Waisak.

Pada perayaan Waisak tahun ini, Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sibolga, Andri Parlinggoman (Alok) menyampaikan harapan agar bangsa Indonesia segera terbebas dari permasalahan pandemi Covid-19.

"Patut bersyukur, karena situasi pandemi Covid di negara kita sudah mulai membaik. Semoga, warga Sibolga mendapat kesehatan, kebahagiaan, dan kelimpahan rezki ke depannya," ucapnya, di lokasi Vihara.

Waisak adalah hari paling suci bagi jutaan umat Budha di seluruh dunia untuk memperingati kelahiran, pencapaian pencerahan, dan wafatnya Siddhartha Gautama atau dikenal sebagai Sang Budha.

Setiap tahunnya, hari Waisak dirayakan pada tanggal yang berbeda-beda di bulan Mei disebabkan perayaan ini terjadi saat bulan purnama pertama bulan lunar kuno Waisak, yang biasanya jatuh pada bulan Mei atau awal Juni.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar