Sebanyak 127 Petani Di Kecamatan Barus Tapteng Terima Kartu Tani

KBRN, Barus : Pemkab Tapanuli Tengah bekerjasama dengan Bank BNI melalui Dinas Pertanian Sabtu, 13/2-2021 membagikan sebanyak 127  kartu tani kepada masyarakat petani di kecamatan Barus,  yakni kelompok tani Bulan dan Bintang desa Ujung Batu serta Kelompok Tani Maju Terus desa Bungo Tanjung, penyerahan kartu tani ini dilangsungkan di desa Ujung Batu Barus Tapteng.

Penerbitan kartu tani ini adalah merupakan wujud nyata upaya Pemerintah untuk membantu petani yang bermuara kepada peningkatan kesejahteraan petani.

Sahnan Sihotang Koordinator Balai Penyuluh Pertanian  (BPP) Sipodang kepada RRI mengatakan, kartu tani tersebut merupakan media penyaluran subsidi Sarana produksi (Saprodi) terutama pupuk bersubsidi.

" Dengan kartu tani distribusi pupuk subsidi akan lebih aman karena para petani penerima kartu sudah terdaftar dalam Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok (RDKK),sehinggga memudahkan petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dari pemerintah dan sekaligus meringankan beban petani untuk melaksanakan pertanaman tepat guna,tepat waktu " kata Sahnan.

Kartu Tani diperlukan petani untuk membantu produksi pertaniannya pada komoditas padi serta berfungsi sebagai identitas petani, sarana menabung serta salah satu syarat untuk mendapatkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) guna pembiayaan pertanian.

" Kita harapkan kelompok tani yang ada dapat lebih berkembang, kuat dan mandiri serta segala kemudahan fasilitas dan bantuan yang diberikan Pemerintah dapat menjadi pemicu kuat dan mandirinya kelompok tani " tutupnya,.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00