Pemkot Sibolga Terima Kelola Sementara Gedung Pasar Nauli dari BPPW Sumut

KBRN, Sibolga: Pemerintah Kota Sibolga menerima pengelolaan sementara Gedung Pasar Nauli Sibolga dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara (Sumut), Kamis (4/8/2022) sore.

Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan mengatakan, gedung pasar tersebut sudah bisa dipergunakan meski belum dilakukan serah terima aset dari Kementerian Keuangan.  

“Kasat mata, kita (Pemkot Sibolga) sudah lihat sendiri bangunan (Pasar Nauli) nya. Kita siap terimalah. Kalaupun ada kekurangan, belum bisa terlihat. Kecuali sudah dimanfaatkan, baru bisa diketahui apa saja yang perlu dilakukan perbaikan,” ujarnya saat meninjau hasil akhir pembangunan Gedung Pasar Nauli Sibolga.

Di lokasi sama, Kepala BPPW Sumut, Syafriel Tansier mengaku, pihaknya telah melakukan pemeriksaan fisik bagunan Pasar Nauli.

Dan, ia berharap Pemkot Sibolga bisa segera mengoperasikannya sebelum berakhir masa pemeliharaan bangunan pada bulan November mendatang.

“Kalau lewat tenggat waktu (masa pemeliharaan), harusnya kita tidak bisa lagi melakukan perbaikan. Makanya, kita minta secepatnya pedagang bisa dipindahkan (menempati gedung pasar). Sehingga, bisa ketahuan bahwa airnya tidak hidup, atau, ada maslah pada kabel listriknya, masih bisa kita (BPPW Sumut) panggil kontraktornya untuk memperbaiki,” kata Syafriel.

Selain itu, Syafriel mengakui pembangunan Gedung Pasar Nauli Sibolga tidak sesuai dengan lansekap yang direncanakan.

Ia mengatakan, hal itu karena ada perubahan penggunaan anggaran untuk penambahan pondasi bagunan sesuai luas lahan.

“Kalau lansekap, kan, bisa kemudian. Kalau pondasi, kan, utama. Maka, ini (bangunan) kita selesaikan dulu dengan anggaran yang ada. Sehingga, berkuranglah anggaran untuk lansekap untuk bangunan ini," jelasnya.

"Kita, sedang mengusulkan anggaran untuk lansekap. Lansekap itu, natinya dibuat  lapangan parkir, taman, pagar. Termasuk jalan lingkar dan paving block yang akan dikerjakan” tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar