Sambut Lebaran Warga Barus Gelar Tradisi" Malapeh "

KBRN, BARUS  : Sehari menjelang masuknya Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah  warga Barus  kembali melakukan tradisi pemotongan ternak kerbau dipinggiran sungai Sirahar di desa Kampung Mudik kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah Minggu pagi 1/5-2022.

 "pelaksanaannya sama seperti acara " Mamogang " menyambut bulan puasa,  bedanya kalau menyambut Idul Fitri disebut dengan "Malapeh "  ujar Akhyar Lubis salah seorang tokoh masyarakat Barus kepada RRI  di Barus,Minggu 1/5-2022. 

Menurut Akhyar Lubis setelah satu bulan menunaikan ibadah puasa dan untuk menyambut masuknya bulan Syawal Masyarakat Barus menggelar acara Malapeh pada hari terakhir bulan Ramadhan yakni memotong ternak kerbau dipusatkan  dipinggir sungai Sirahar dan disembelih secara massal  satu hari jelang masuknya awal bulan Syawal. 

Sementara itu Usman Edy petugas pendataan kerbau yang akan dipotong saat dikonfirmasi di lokasi penyembelihan Malapeh, menyebutkan bahwa jumlah hewan kerbau yang dipotong saat Malapeh ini hanya 15 ekor 

Pantauan rri. co. id di lokasi pada kegiatan Malapeh ini terlihat warga mulai dari anak -anak, remaja, tua muda baik laki -laki maupun perempuan  sejak subuh hari terakhir bulan Ramadhan sudah hadir dipinggiran sungai Sirahar Barus Tapanuli Tengah, mereka terpusat ditempat ini  untuk mengikuti acara Malapeh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar