Desa Wisata Sibintang Tapteng Peroleh Penghargaan Dari Menteri Pariwisata RI

KBRN, Tapteng : Desa Sibintang Kec Sosorgadong Tapanuli Tengah Sumatera Utara dengan panorama pantainya yaitu Pantai Indah Sibintang (PIS) nan Eksotis dipadu dengan panorama  alamnya dengan aek terjun Gorbus plus kolam renang alami yang berada di puncak Bukit  dibarengi dengan keramah tamahan penduduknya merupakan salah satu Desa Wisata andalan di Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara. 

Dengan pengelolaan yang professional dengan Sapta Pesona nya oleh Pokdarwis Bintang Mandiri desa tersebut memperoleh Piagam Penghargaan sebagai desa wisata Sibintang Kabupaten Tapanuli Tengah Dari Menteri Pariwisata Ekonomi  dan  Kreatif (Menparekraf) RI sebagai peserta desa Binaan Kemenparekraf RI Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, desa wisata sebagai Symbol kebangkitan ekonomi Nasional yang ditanda tangani Menteri Sandiaga Salahuddin Uno. 

Kepala desa Sibintang Kec Sosorgadong Ahmad Tarihoran mengatakan, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata  termasuk desa Wisata Sibintang yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Baparekraf. 

" Event ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 mengangkat tema “Indonesia bangkit”. Tema ini diharapkan dapat mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi COVID-19." terangnya. 

Dijelaskan Kades Sibintang, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 memiliki tujuh kategori penilaian. Kategori tersebut antara lain: penerapan CHSE (C_leanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability),_Desa Digital, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay, dan Toilet.

" Melalui kategori-kategori ini diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi desa wisata berkelanjutan. Selain itu, juga mampu meningkatkan kualitas desa wisata di Indonesia, serta mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan, dan Mampu Mendorong Pembangunan daerah dan Kesejahteraan”. sebut Tarihoran. 

Atas perolehan Piagam Penghargaan tersebut Atas nama Masyarakat desa Sibintang Kades menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Menparekraf RI,  Dan Pemkab Tapanuli Tengah melalui Dinas Pariwisata  yang sudah banyak memotivasi, kedepan kata Tarihoran pihaknya akan terus melakukan pembenahan dan penataan lokasi wisata desa Sibintang untuk menarik minat kunjungan wisatawan ke daerah tersebut. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar