Kemendag RI Gelar Sekolah Pasar di Binjohara Kec Manduamas

KBRN, Tapteng : Dalam rangka pemberdayaan dan pembinaan Kompetensi pedagang Pasar rakyat,  Kementerian Perdagangan RI Sabtu 9/10-2021 melaksanakan program Sekolah Pasar Di kecamatan Manduamas Kabupaten Tapanuli Tengah tepatnya di Pasar Onan Binjohara yang diikuti para pedagang di Pasar tersebut. 

Kegiatan Sekolah Pasar ini  bertujuan memberikan pengetahuan  kepada para pedagang tentang dasar pengelolaan usaha  dan memberikan kesadaran kepada pedagang tentang manfaat pengelolaan usaha, serta pentingnya menjaga Kebersihan dan kesehatan pasar dan memahami pentingnya menjaga keamanan bahan pangan dan produk lain yang dipasarkan, sesuai dengan protokol kesehatan Covid -19.

Ka. UPTD Puskesmas Saragih kecamatan Manduamas H. Masrihan Tanjung.SST.MKM, yang bertindak sebagai narasumber pada kegiatan itu kepada RRI mengatakan, pada intinya Sekolah Pasar ini menekankan bagaimana tata Cara pengelolaan pasar yang baik dan bersih ditengah Pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir. 

Dalam paparannya Masrihan menjelaskan bahwa penularan Covid-19 terjadi melalui udara dan masuknya droplet yang mengandung virus SARS -CoV -2 kedalam tubuh. 

" Droplet dapat menginfeksi bagian tubuh melalui hidung dan mulut, droplet adalah cipratan atau percikan liur dari hidung atau mulut saat bersin, batuk dan berbicara " terangnya. 

Untuk itu ia mengajak masyarakat dan para pedagang agar menggunakan alat pelindung diri (APD)  berupa masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu, jika harus keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain yang tidak diketahui status kesehatannya ( yang mungkin dapat menularkan virus Covid-19). Paparnya. 

" Bersihkan tangan secara teratur dengan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir atau menggunakan cairan antiseptic berbasis alkohol /hand sanitizer,  selalu menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang tidak bersih (yang mungkin terkontaminasi droplet yang mengandung virus),  mencuci tangan harus dilakukan dengan tepat agar seluruh permukaan tangan terbasuh dan benar -benar bersih, kata Masrihan 

Turut hadir dalam kegiatan itu dari Perindag Kaupaten Tapanuli Tengah, Lurah Binjohara dan unsur terkait. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00