Wakil Walikota Padangsidimpuan Serahkan bantuan Alsintan dan Benih Varietas Unggul Bersertifikat

KBRN, P.Sidimpuan : Sejumlah Kelompok Tani di Padangsdimpuan, Rabu (6/10/2021) menerima bantuan benih padi varietas mekongga dan alat mesin pertanian (Alsintan).

Wakil Walikota Padangsidimpuan Arwin Siregar saat menyerahkan bantuan tersebut menyampaikan, penyerahan bantuan benih dan alsintan ini untuk meningkatkan produksi pangan khususnya beras.

“Apalagi ini adalah benih varietas unggul bersertifikat,” ujarnya.

Namun Wakil Walikota itu juga meminta Dinas Pertanian Padangsidimpuan untuk selalu mendampingi kelompok tani dalam penerapan teknologi kepada para petani, mengingat Padangsidimpuan sebagai daerah perkotaan memiliki tantangan dalam pemenuhan kebutuhan pangan

“Seiring dengan laju pertumbuhan penduduk harus dibarengi dengan peningkatan hasil produksi pertanian baik di lahan-lahan pertanian yang luas maupun sempit. Dengan demikian diyakini dapat berkontribusi untuk meningkatkan produktivitas dan mutu hasil komoditas tanaman pangan,” kata Arwin.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan Parimpunan Siregar menyebutkan, 2 kelompok tani di daerah juga menerima bantuan dari Provinsi Sumatera Utara, seperti fasilitas pemotongan unggas sebanyak 2 unit.

“Pemko Padangsidimpuan mendapat bantuan benih padi varietas mekongga sebanyak 25 ton atau seluas 1000 Ha yang telah di realisasikan pada Bulan Juni 2021 kepada 77 Kelompok Tani,” sebut Parimpunan dalam keterangannya, Kamis (7/10/2021).

Kemudian ditgambahkannya, melalui program Peningkatan Indeks Pertanaman (PIP) Sumber APBN 2021 sebanyak 21.075 Ton atau seluas 581 Ha yang telah direalisasikan pada 16 September 2021 kepada 87 Kelompok Tani.

Untuk menampung dan prosesing hasil komoditas holtikultura kata Parhimpunan, Kementan RI telah memberikan bantuan bangsal pascapa nen pada kegiatan pengelolaan dan pemasaran hasil holtikultura berupa bangunan gudang penyimpanan dan bantuan Kenderaan Roda 3 sebanyak 1 unit untuk kelompok tani Suka Maju Desa Aek Najaji.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00