Pemkab Tapteng Didorong Tingkatkan Hasil Pertanian

KBRN, Tapteng : Potensi pertanian sawah di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumatera Utara, dinilai cukup menjanjikan, namun pemerintah daerahpun diminta untuk melakukan sejumlah upaya, agar hasil produksi pertanian tersebut dapat ditingkatkan.

Setidaknya upaya itu dilakukan dengan intensifikasi pertanian, dengan mendorong petani agar bersungguh – sungguh dalam mengelola lahan pertaniannya.

Dorongan itu disampaikan Masnuddin, seorang pemerhati pertanian yang juga pelaku usaha pertanian di Tapteng, Rabu (28/7/2021).

“Intensifikasi pertanian itu sangat perlu. Tapteng ini-kan luas, hampir di setiap kecamatan disini (Tapteng) ada lahan persawahan tetapi hasilnya belum maksimal,” kata Masnuddin saat di temui di Kecamatan Tapian Nauli .

Kepada rri.co.id Masnuddin juga mengatakan, petani sawah di Tapteng belum seluruhnya menerapkan pola-pola pertanian modren dan masih melakukan pertanian tradisional, sehingga hasil produksi pertanian masih belum maksimal.

“Kebanyakan petani sawah kita masih bertani dengan pola-pola tradisional. Hasilnya sudah pasti tidak meningkat. Kalau-lah pemerintah terus mengedukasi warga tani, kita yakin hasilnya akan meningkat. Tapi ini juga harus didukung dengan ketersedian pupuk yang cukup bagi petani dan juga perbaikan-perbaikan irigasi persawahan,” jelasnya.

Selain itu Masnuddin juga meminta pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah untuk menyelamatkan sejumlah lahan persawahan yang kini banyak beralih fungsi, akibat derasnya arus usaha property di Tapteng.

“Pemda juga harus dapat membatasi alih fungsi lahan pertanian jadi lokasi perumahan, jangan selalu kasih izin, kalau begini terus, lahan perswahan di Tapteng ini akan habis,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00