Terang Bulan, Harga Ikan di Sibolga Melambung

KBRN,  Sibolga : Ditengarai musim terang bulan, harga jual sejumlah jenis ikan basah di sejumlah pasar tradisional di Sibolga melambung

Sejumlah jenis ikan basah yang kini di jual di sejumlah pasar di Kota Sibolga, mengalami kenaikan harga mulai dari Rp 5000/ kilogram (kg) hingga Rp 20.00/kg.

Seperti ikan Teter, biasanya harga ikan jenis ini hanya berkisar Rp 25.000 - Rp 28.000/kg, kini melambung menjadi Rp 35.000/kg

Untuk ikan kembung jenis Gambolo, kini di jual dengan harga Rp 35.000/kg dari harga sebelumnya Rp 30.000/kg

Syamsul, seorang pengepul ikan basah di Pasar Ikan Mina jalan Ahmad Dahlan Sibolga mengatakan, minimnya pasokan ikan musim akibat masa terang bulan telah membuat hasil tangkapan nelayan berkurang, dan hal itu menjadi faktor pemicu tingginya harga ikan basah di pasaran.

“Inikan masa terang terang bulan, pasti ikan menjadi sedikit, ya pasti mahallah harganya,” ujar Syamsul, Minggu (25/7/2021) saat disambangi rri.co.id dijalan Ahmad Dahlan Sibolga.

Sementara Intan Tanjung, ibu rumah tangga yang ditemui di Pasar Ikan Mina Jalan Ahmad Dahlan Sibolga mengaku, dirinya memilih mengurangi jumlah pembelian ikan untuk dijadikan lauk.

“Kita tetap juga beli ikan tapi tak banyak, hanya sekilo saja, harganya mahal. Biasanya kita beli dua kilo,” sebut Intan sembari mengaku untuk sementara akan beralih ke jenis lauk lainnya seperti tahu, tempe atau telur ayam broiler.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00